This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Gaya Hidup Sehat-Pola Hidup Sehat!

Pola Hidup Sehat Dalam Gaya Hidup Sehat


kebiasaan pola hidup sehat
Pola Hidup Sehat
Pola Hidup Sehat – Pola hidup sehat adalah gaya hidup sehat yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Mulai dari aspek makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi dan perilaku kita sehari-hari. Baik itu dalam sebuah rutinitas olahraga yang tentu akan  menjaga kondisi kesehatan dan juga akan menghindarkan dari segala hal yang bisa jadi penyebab penyakit bagi tubuh kita. Seperti itulah kurang lebih pengertian pola hidup sehat.

Kesehatan adalah dambaan kita semua. Untuk hidup sehat tentunya kita akan menjalankan sebuah aktifitas rutin dengan memperhatikan gaya hidup sehat. Kekayaan lahir dan batin tidak akan ada artinya bila kita masih terjebak dalam kondisi atau situasi sakit baik itu karena virus penyakit atau pun karena tingkah polah kita yang tidak memperhatikan kondisi badan.
Pola hidup sehat selalu berhubungan dengan faktor makanan yang menyehatkan serta menjauhi dari pola makanan tidak sehat yang kedepannya akan menyebabkan hari-hari kita menjadi sakit karena timbul penyakit. Selain dari aspekmakanan yang sehat juga bergizi satu hal yang tidak boleh kita lupakan adalah menjaga kondisi tubuh kita supaya tetap bugar dengan menjalani olahraga yg teratur dan menjauhi terporsir nya tenaga dan pikiran sehingga tubuh kita kecapekan dan pikiran kita stress.

Dengan selalu memperhatikan pola hidup sehat semoga kita bisa selalu dalam keadaan sehat. Bisa menjalani kehidupan ini dengan penuh makna bersama keluarga atau lingkungan sekitar kita.

kebiasaan gaya hidup yang sehat
Gaya Hidup Sehat
Dokter Phaidon L Toruan dalam sebuah bincang santai tentang penyakit di abad ke-21 di Jakarta beberapa waktu lalu mengatakan gaya hidup sehat di abad ini mengerikan. Yaitu akan semakin bergantung dengan penyediaan makanan yang serba cepat atau siap saji. Pilihan makan ini disebabkan semakin mudahnya akses konektivitas dan menyebabkan kurangnya aktivitas fisik.

Tetapi, katanya, gaya hidup sehat modern tersebut tidak bisa dihindari. Jeleknya lagi perubahan gaya hidup manusia modern pada abad ini diperparah dengan berkurangnya kualitas lingkungan hidup di tempat tinggal. Phaidon menuturkan tips supaya hidup sehat sebagai berikut:

1. Mengubah pola pikir
Hal yang paling mendasar untuk menjalankan pola hidup sehat dengan mengubah pola pikir supaya hidup mau serius mencanangkan hidup sehat. Setidaknya mesti ketat memiliki komitmen untuk menjalankan gaya hidup sehat dan praktiknya seperti agama, dengan harus mencari orang atau sosok yang benar-benar mampu sebagai teladan dan mau menyadarkan pentingnya hidup sehat.

2. Membutuhkan kemampuan
Seperti halnya kecerdasan, kesehatan pun membutuhkan kemampuan supaya bisa serius bisa memiliki tubuh yang sehat, langsing, bugar, bergairah, dan relatif bebas. Kemampuan ini artinya akan menyesuaikan dengan jenis kelamin pria atau wanita, pekerja kantor atau ibu rumah tangga, usia, dan sebagainya.

3. Mencanangkan komitmen dan motivasi
Untuk menyukseskan gaya hidup sehat harus benar-benar mencari orang atau sosok yang mampu memotivasi dan serius mengajak hidup sehat. Selama prinsip ada teman atau mitra yang sama-sama serius untuk menjalankan pola hidup sehat.

4. Memiliki lingkungan yang sehat
Gaya hidup dbentuk oleh lingkungan. Apabila Anda ingin menukar gaya hidup harus dimulai dari lingkungan. Dengan mengubahnya berarti Anda akan memiliki banyak teman untuk berkomitmen menerapkan hidup sehat.

5. Rajin datang ke seminar kesehatan
Berada di tempat yang benar, misalnya dengan rajin mengunjungi acara-acara seminar kesehatan atau berlatih dan datanglah ke berbagai klub kebugaran.

6. Membatasi konsumsi makanan
Tidak selamanya bisa mengontrol makanan yang dikonsumsi. Tetapi ada baiknya juga untuk mulai serius dan tegas, misalnya membatasi makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng dengan minyak panas tinggi bisa menyebabkan darah menjadi lebih kental dan memperberat kerja jatung di dalam tubuh kita.

7. Mengurangi minuman mengandung gula
Sebaiknya mengurangi minuman yang mengandung gula, sebab gula akan mempercepat efek penuaan, obesitas yang berakibat pada penimbunan lemak di lever. Boleh pakai pemanis alami seperti gula aren ketimbang gula pasir.

8. Tekadkan diri dengan konsumsi makanan sehat
Sebaiknya bersantap sayuran dan buah sebagai menu wajib yang sangat membantu mencegah penyakit

9. Menyertakan suplemen
Sebaiknya menyertakan suplemen sebagai suplemasi tambahan untuk membantu memenuhi nutrisi yang kurang di dalam tubuh.

Video Gaya Hidup Sehat








Artikel Menarik : Kata Kata Bijak Motivasi Hidup,Motivasi Semangat Hidup!


Baca Selengkapnya : Ulasan Lengkap Asam Urat
Baca Selengkapnya :  Ulasan Lengkap Tentang Sakit Gigi Dan Obatnya

Tips Diet Cepat-Menu Diet Sehat!

Tips Diet Cepat - Ulasan!

Tips diet cepat untuk semua golongan-Semua orang pasti ingin memiliki badan dan tubuh sehat dan juga memiliki tubuh yang proporsional baik dari bentuk tubuh maupun berat badan tubuhnya. Hal ini tidak memandang apakah dia laki-laki ataupun perempuan, semua pasti ingin memiliki badan yang seperti ini.

Cara diet cepat untuk Menurunkan Berat Badan



Gambar cara tercepat dan sehat untuk diet
Tips Diet Cepat
Tetapi bagi perempuan apabila memiliki badan yang gemuk pasti akan selalu berusaha bagaimanapun caranya untuk menurunkan berat badannya agar badan yang dimilikinya menjadi ramping ataupun langsing. Saking mempunyai keinginan seperti ini apabila berat badannya naik sedikit saja pasti akan merasa bingung sendiri dan pusing hanya karena berat badannya naik.

Adapun masalah yang saat ini menjadi masalah yang mampu menaikan berat badan dengan sangat pesat, yaitu karena semakin banyaknya makanan siap saji dan cepat saji dan bagi sebagian orang masih banyak yang tidak dapat mengontrol pola makan dengan baik.

Sehingga karena banyaknya yang tidak memperhatikan pola makan sehat maka yang akan terjadi adalah semakin banyaknya masyarakat yang memiliki badan yang gemuk ataupun kegemukan, namun gemuknya tidaklah sehat. Apabila sudah terjadi seperti ini banyak orang yang mencari cara menurunkan berat badan.

Bagaimanakah cara yang sebaiknya di lakukan untuk menurunkan berat badan agar mendapatkan tubuh yang ramping? Banyak cara-cara untuk menurunkan berat badan secara alami. Namun kebanyakan dari para wanita menginginkan yang serba instan, sehingga banyak yang mencari cara cepat menurunkan berat badan namun cara ini biasanya bukanlah cara yang aman untuk tubuh.

Dengan menggunakan obat-obatan walaupun dengan menggunakan obat-obatan dapat mempercepat untuk menurunkan berat badan namun efeksamping dari obat-obatan ini banyak yang menyebabkan tumbuhnya penyakit baru yang justru menjadi penyakit yang lebih membahayakan bagi tubuh anda.

Apabila anda ingin memiliki tubuh yang ramping tetapi tetap sehat anda dapat menggunakan cara mengurangi berat badan yang alami. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa cara alami yang dapat membuat tubuh anda ramping tetapi tetap sehat. Cara-cara yang dapat anda lakukan antara lain:

a. Meningkatkan olahraga teratur

dengan anda selalu melakukan olahraga secara teratur, akan efektif untuk membakar kalori sehingga berat badan akan berkurang sedikit-demi sedikit. Sempatkanlah untuk melakukan olahraga secara teratur selain dapat mengurangi berat badan anda dengan olah raga juga dapat meningkatkan kesehatan pada tubuh anda. Lakukanlah minimal 30 menit setiap harinya. Banyak cara olahraga yang baik dilakukan untuk mengurangi berat badan diantaranya adalah lari-lari, sit-up, push-up, lompat tali dan lain sebagainya.

b. Mengurangi gorengan

Memakan gorengan dapat memberikan banyak lemak yang akan tersimpan dalam tubuh, dan kolesterolpun akan semakin banyak sehingga menyebabkan penumpukan lemak daklam tubuh oleh karena itu tubuh yang gemuk pasti akan terjadi pada anda. Alangkah lebih nbaiknya apabila anda mengonsumsi makanan yang lebih nbanyak dengan cara rebusan, kukus, panggang dan lain sebagainya untuk menghindari minyak.

c. Lebih seringlah makan

Yang mengatakan bahwa diet itu artinya tidak makan adalah kesalahan yang sangat besar. Saya akan berikan tips menurunkan berat badan yang tidak akan merugikan anda justru memberikan tips yang menyehatkan tetapi berat badan anda juga akan menurun. Yaitu dengan cara makanlah lebih sering misal dalam satu hari anda makanlah 5 kali namun ingat porsi yang anda konsumsi sedikit saja. Hal ini akan membantu metabolisme anda sehingga dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan.

d. Makanlah makanan yang berserat

Dalam program diet sehat menurunkan berat badan yang baik adalah dengan mengkonsumsi makanan berserat karena sangat bermanfaat bagi tubuh dan dapat membantu anda dalam mengurangi berat badan anda. Mengapa demikian? Karena makanan berserat dapat mengikat lemak jadi lemak yang tidak berguna dapat terbawa saat kotoran dibuang. Makanan berserat bisa berupa sayuran, buah-buahan, dan dapat juga anda mengganti beras putih menjadi beras merah.

Bagaimanapun cara anda melakukan program diet, tetap yang terbaik adalah dengan anda diet untuk mengurangi berat badan dengan cara yang alami dan menyehatkan tubuh. Serta anda harus yakinkan diri anda bahwa dengan melakukan cara yang anda pilih akan membantu an da untuk mengurangi berat badan anda. Jadi hindarilah teh diet, maupun obat-obatan lainnya, pikirkanlah bahwa kesehatan tetaplah nomor satu.

Menu Diet Sehat Dengan Sayur Dan Buah-Buahan


gambar ragam makanan untuk diet sehat
Menu diet sehat
Buah dan sayur merupakan bagian dari pola makan seimbang dan diet sehat. Air dan serat di buah dan sayur akan meningkatkan volume makanan sehingga kamu dapat mengonsumsi jumlah yang sama dengan kalori lebih rendah. Pada umumnya, secara alami buah dan sayur rendah lemak, rendah kalori, dan bersifat mengenyangkan.

Prinsip diet sehat dalam menurunkan berat badan adalah mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang digunakan oleh tubuhmu. Namun, hal ini harus berarti mengonsumsi makanan lebih sedikit .Makanan dengan serat tinggi (buah dan sayur) dapat menurunkan dan menjaga berat badan jangka panjang, karena makanan yang tinggi serat menghabiskan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga meningkatkan perasaan kenyang, memperlambat pengosongan lambung, menurunkan konsentrasi serum insulin (adanya insulin dalam darah akan memicu rasa lapar), menurunkan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, dan kemungkinan menstimulasi pelepasan peptida yang mempengaruhi rasa kenyang. Semua kelebihan dari buah dan sayur mendukung diet sehat.

Menyiasati Menu Diet dengan Buah dan Sayur

Beberapa cara sederhana untuk mengurangi jumlah kalori yang dimakan sambil mengonsumsi buah dan sayur sepanjang hari misalnya:

Saat sarapan, gantikan sebagian keju atau kuning telur di omelet dengan bayam, bawang atau jamur. Sayur akan memberikan volume dan rasa di omelet dengan lebih sedikit kalori daripada kuning telur atau keju.
Gantikan sebagian porsi sereal di mangkukmu dengan potongan buah segar seperti pisang, peach, strawberry, dll.
Saat makan siang/malam, gantikan sebagian dari porsi karbohidrat (contoh: nasi, mie, bihun, roti, dll) dengan sayuran, seperti: tomat, mentimun, bawang, atau selada.
Buah, sayur dan bijian utuh harus menempati porsi terbesar di piringmu. Jika tidak, gantikan sebagian nasi atau daging dengan polong-polongan, brokoli, asparagus, sayuran hijau atau sayur favoritmu. Hal ini akan mengurangi jumlah kalori di makanan tanpa mengurangi jumlah makanan yang kamu makan.
Buah dan sayur juga dapat dijadikan snack yang memiliki sekitar 100 kalori atau kurang. Jumlah buah dan sayur yang kira-kira berjumlah seratus kalori atau kurang yaitu:
1 ukuran sedang apel (72 kkal)
1 ukuran sedang pisang (105 kkal)
1 mangkuk kacang hijau rebus (44 kkal)
1 mangkuk blueberries (83 kkal)
1 mangkuk wortel rebus (45 kkal)
1 mangkuk brokoli rebus (30 kkal)
1 mangkuk paprika (30 kkal)
Daripada mengonsumsi snack yang tinggi kalori, konsumsilah buah dan sayur. Satu kantung keripik jagung (1 ons) memiliki jumlah kalori yang sama dengan apel kecil + 1 mangkuk strawberry utuh + 1 mangkuk wortel dengan dressings rendah kalori sebanyak ¼ mangkuk.

" Ingatlah bahwa substitusi atau penggantian adalah kuncinya."

Benar bahwa buah dan sayur memiliki kalori lebih rendah daripada makanan yang lain, tetapi mereka juga mengandung kalori. Sehingga jika sayur dan buah dikonsumsi sebagai tambahan terhadap makanan biasa, berarti kamu juga meningkatkan konsumsi kalori. Maka, gantikanlah konsumsi makanan berkalori tinggi dengan buah dan sayur.

Video Tips Diet Cepat






Artikel Menarik : Gaya Hidup Sehat-Pola Hidup Sehat!






Makanan Untuk Diet Cara Hidup Sehat


Makanan Untuk Diet, Seminggu Sukses Turun 5 KG.


ragam macam makanan untuk diet
Makanan Untuk Diet
Makanan Untuk Diet Cara Hidup Sehat - Mempunyai menu makanan untuk diet dalam seminggu sebenarnya dapat memberikan inspirasi agar kita terbiasa dengan mengkonsumsi makanan sehat. Cobalah untuk membuat pilihan hidup sehat, bukan hanya menentukan makanan cepat saji atau camilan yang sesungguhnya kurang bergizi serta tidak menyehatkan. Makan dengan beragam tipe variasi makanan sepanjang diet, dapat menghindari anda dari kebosanan serta meyakinkan anda akan mendapatkan beragam jenis nutrisi. Jangan sampai lupa untuk minum air putih setiap hari, tak hanya membuat lancar metabolisme, air juga berperan sebagai penunda lapar.

Pada kasus ini saya akan mencoba berbagi tentang tips sukses menurunkan berat badan hingga mencapai 5kg dalam seminggu, yang bisa anda ikuti pada pembahasan ini yaitu menu diet seminggu sukses turun 5kg, yang mana artikel ini melanjutkan pembahasan sebelumnya mengenai makanan diet sehat golongan darah A.

Berikut tips sukses menu makanan untuk diet seminggu 

Senin 
Sarapan yang baik dan sehat dapat mengawali hari anda dengan benar. Untuk memulai menu diet seminggu, mulailah untuk mengkonsumsi roti gandum dengan sedikit keju diatasnya serta satu buah apel adalah makanan yang pas untuk senin yang prima. Untuk makan siang, barangkali anda dapat coba sayuran cincang yang di campur dengan saus tomat, salad quinoa serta satu buah jeruk kecil. Sementara untuk makan malam, dapat di sajikan dengan dada ayam panggang berbumbu sederhana, serta ditemani oleh kentang tumbuk serta brokoli yang dikukus.

Selasa 
Hari ke dua untuk menu diet seminggu, dianjurkan untuk memulai sarapan pagi dengan buah-buahan favorit, yogurt, biji rami, serta selai kacang. Untuk makan siang, silahkan pilih dada ayam yang di simpan di atas salad dengan ketimun iris, tomat, paprika, kenari serta minyak zaitun. Dan untuk makan malam, cobalah tenderloin daging sapi panggang dengan kentang merah dikukus, campur dengan beragam potongan buncis kukus serta salad.

Rabu 
Untuk hari selanjutnya masih tetap dengan menu diet seminggu turun 5kg yaitu dengan memilih pisang kecil, 1/2 cangkir sereal serta 1 cangkir susu rendah lemak. Untuk makan siang dapat menggunakan sayuran atau semangkuk minestrone dengan sepotong roti gandum serta salad. Dan untuk makan malam, cobalah fillet salmon panggang dengan salsa tomat kemangi, asparagus kukus serta salad bayam.

Kamis 
Menu diet seminggu untuk hari kamis, cobalah sarapan seimbang dengan memilih roti gandum, yogurt, buah serta telur dadar sayuran. Untuk makan siang dengan menggunakan burger kacang hitam serta saus chipotle. Dan untuk makan malam, silahkan coba makanan sehat dengan memilih spagethi rendak lemak serta bakso sayuran.

Jumat 
Jadwal sehat untuk hari jumat yaitu sarapan dengan segelas susu dengan selai kacang serta irisan pisang diatasnya. Untuk makan siang yang sehat dengan nasi goreng china, tambahkan dengan banyak sayuran serta sedikit udang dan sup salad atau sayuran sebagai pelengkap makan siang anda. Dan untuk makan malam, pilihlah tumisan dengan sebagian bumbu serta sayuran sehat layaknya bawang merah, bawang putih, tomat, bayam, brokoli, kale, kembang kol serta jamur shiitake. Sempurnakan dengan menambahkan protein layaknya ayam, udang atau tahu serta beras merah untuk mendapatkan karbohidrat.

Sabtu 
Hari sabtu pagi mungkin waktunya hari santai untuk membuat roti bakar gandum di campur dengan blueberry serta strawberry dan segelas jus jeruk atau susu. Untuk makan siang, silahkan pilih salad tuna yang di simpan di atas roti gandum dengan secangkir sup sayuran. Sementara untuk makan malam, cobalah untuk memilih pizza buatan sendiri yang rendah lemak serta pakai tumpukan sayuran sebagai topping.

Minggu 
Hari terakhir dari menu diet seminggu, untuk sarapan di pagi hari anda bisa memilih gandum pancake dengan topping buah zucchini serta segelas susu. Untuk makan siang masaklah bayam beserta salad buah kecil. Dan untuk makan malam, pilihlah kembali dengan salad bayam serta susu rendah lemak.

Makanan Untuk Diet Sehat


Gambar Ragam Makanan Untuk Diet Sehat
Makanan Untuk Diet Sehat
Sebagian besar orang memiliki masalah dengan kegemukan. Seorang yang berbadan gemuk senantiasa tidak akan enak dipandang mata. Sehingga masalah ini membuat banyak orang ingin menurunkan berat badan mereka. Siapa yang tidak senang memiliki tubuh langsing dan sehat?. Meskipun bagi sebagian orang yang bertubuh langsing menganggap hal tersebut bukanlah segalanya untuk  kesenangan pribadi. Kini sudah banyak sekali cara menurunkan berat badan dengan cepat. Mulai dari makanan untuk diet sampai dengan obat-obatan yang dapat melangsingkan badan. Tubuh langsing memang tidak selalu harus melewati suatu proses yang dapat menyiksa diri atau mengeluarkan banyak biaya. Sebenarnya diet  ketat membuat hidup kita menjadi tidak nyaman. Setidaknya marilah untuk lebih baik mengatur pola makan kita sendiri dengan lebih memilih makanan untuk diet daripada makanan yang kurang menyehatkan. Sebenarnya orang yang kelebihan berat badan biasanya kurang peduli terhadap pola makan. Mereka hanya merasakan enak dan kenyang saja. Jadi sebaiknya, kita terapkan pola makan dengan gizi yang seimbang yaitu antara karbohidrat, protein, lemak, dan mineral. Namun disini perlu ditekankan bahwa senantiasa harus bisa konsisten sehingga tubuh menjadi sehat dan langsing.

Apakah Anda mempunyai banyak makanan kesukaan ?. Sepertinya jawaban dari pertanyaan itu sungguh sulit untuk dapat menahan diri agar tidak menyentuhnya sama sekali sekaligus melahap makanan tersebut. Maka tidaklah heran jikalau sekarang Anda mempunyai perut yang buncit. Jadi apakah ini sebuah masalah bagi kita ?. Tentu saja, ini merupakan masalah yang harus Anda atasi. Namun jika Anda hanya mengacuhkannya begitu saja, berusahalah untuk membangkitkan percaya diri Anda karena perut yang tidak rata atau buncit bisa mempengaruhi gaya penampilan Anda.

Bagi seorang yang makan dalam jumlah sangat sedikit, tentunya tubuh secara otomatis akan menerima suatu tanda bahaya dan melindungi dari bahaya kelaparan. Oleh karena itu, tubuh kita akan membakar kalori lebih sedikit serta metabolisme tubuh menjadi melambat daripada biasanya. Sepertinya perlu kita ketahui pula bahwasanya saat melakukan diet ketat yaitu dengan mengurangi makan secara berlebih dan senantiasa kita dapat menahan rasa lapar,  maka berat badan yang hilang oleh tubuh sebesar 50% lemak dan 50% lagi dari otot.

Olahraga tanpa sarapan akan membuat tubuh kelaparan. Sehingga dibalik itu ada risiko yang dihadapi yaitu kita cenderung makan berlebihan dan merasa kekenyangan saat waktu makan tiba. Maka untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh, jangan pernah lupa untuk sarapan pagi saat membagi jatah makan sehari. Selain itu, harus menghindari juga pola makanan diet dengan makan yang berkisar 2-3 jam sebelum waktu tidur. Hal ini sudah pasti jelas karena ketika kita tidur, tubuh akan tumbuh dan berkembang serta memperbaiki lalu akan menyimpan energi. Sehingga proses metabolisme tubuh menjadi lambat dan makanan yang belum dicerna oleh tubuh akan disimpan sebagai cadangan. Dan cadangan inilah akan disimpan dalam bentuk lemak. Tentunya keadaan seperti itu sangat tidak diinginkan oleh Anda, Bukan ?. Maka dari itu, apabila Anda menghindari makan 2 atau 3 jam sebelum tidur, Anda akan memberikan fungsi kenormalan tubuh pada waktu pencernaan makanan. Sehingga ketika Anda tidur, Anda tidak akan menyimpan kalori yang biasanya akan disimpan menjadi lemak.

Pengaturan cara mengolah makanan untuk diet sehat

Bagi orang yang berdiet tetapi selalu menahan rasa lapar atau mengurangi porsi makanan saat jam makan tiba ternyata hanya perlu makan dalam jumlah cukup, tidak kurang dan tidak lebih. Makan yang kurang atau berlebih itu akan membuat Anda gemuk. Akan tetapi bagaimana cara untuk mengetahui jumlah makan kita terasa cukup? Apakah jumlah yang cukup yang kita makan merupakan porsi yang biasa dimakan sehari-hari? Belum tentu demikian. Jadi perlu kita pahami bahwa porsi makan secara tepat itu sangatlah penting dalam program diet. Lalu bagaimana mengetahui porsi makan yang sesungguhnya, maka cobalah makan secara perlahan-lahan. Maksudnya adalah kita mesti memperlambat mengenai proses makan atau mengunyah makanan yang di dalam mulut menjadi terasa halus. Dan apabila kita biasanya menghabiskan satu porsi nasi goreng atau makanan lainnya dalam waktu 5 menit, sebaiknya buatlah menjadi 20 menit bahkan lebih jika Anda bisa melakukannya.

Tubuh kita memerlukan waktu selama 20 menit untuk memberitahu otak kalau sudah merasa kenyang. Oleh karena itu, dengan memperlambat proses makan, kita akan mampu mencegah rasa kekenyangan atau makan yang berlebihan. Ini merupakan sebuah hal yang dikarenakan ada cukup waktu bagi otak kita dalam menerima informasi bahwa kita sudah kenyang. Bagi pelaku diet yang sehat, tentunya dalam pikirannya pasti banyak yang dipikirkan mengenai makanan yang serba tidak enak, tidak boleh digoreng, harus direbus dan sebagainya.  Sebenarnya jikalau Anda tidak mengkonsumsi lemak, maka tubuh akan sakit. Hal ini dikarenakan bahwa lemak ini memiliki peran sebagai pelarut vitamin A, D, E dan K yang sangat berguna oleh tubuh. Tetapi, lemak yang dikonsumsi haruslah lemak sehat atau bukan lemak jahat. Lalu seperti apakah lemak sehat itu ?. Jadi, lemak yang sehat merupakan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Dari manakah kita bisa mengetahui untuk mendapat lemak yang sehat dalam masa diet ?.


Makanan untuk diet yang mengandung lemak sehat terdapat pada minyak sayur atau minyak zaitun, kacang almond, kacang mede, buah alpukat dan sebagainya. Jadi bagi yang melakukan program diet, sebaiknya mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun murni ketika akan memasak karena minyak tersebut termasuk minyak yang sehat. Jangan khawatir tentang rasa minyak itu yang akan berubah menjadi tidak enak ?. Seperti diketahui minyak zaitun sama persis bahan asalnya yaitu kelapa sawit dengan minyak goreng yang lainnnya hanya saja minyak tersebut jauh lebih menyehatkan sekaligus baik dikonsumsi pula bagi penderita kolestrol tinggi.

Oleh karena itulah, sangatlah dianjurkan untuk mengetahui dan memahami pola makanan untuk diet serta mengurangi segala macam kandungan lemak jahat yang dapat memperburuk kesehatan. Jadi penting bagi kita ketahui dalam menjalankan program diet harus seimbang dan bergizi pada makanan yang akan dikonsumsi. Ingatlah bahwa dengan tubuh yang sehat, pikiran akan lebih sehat lagi.

Semoga tulisan ini menginspirasi buat kehidupan Anda. Jangan lupa like dan share ya, agar bermanfaat buat semua orang.

Video Makanan Untuk Diet Dan Hidup Sehat










Artikel Menarik : Tips Diet Cepat-Menu Diet Sehat!