This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Dunia Dalam Teknologi

10 Teknologi Muncul yang Akan Mengubah Dunia

Kami telah melihat lompatan besar dalam teknologi digital di masa lima tahun terakhir. Smartphone , komputasi awan , multi-touch tablet , ini semua inovasi yang merevolusi cara kita hidup dan cara bekerja kita. Namun, percaya atau tidak, kita baru saja mulai. Teknologi akan mendapatkan lebih baik. Di masa depan, kita bisa hidup seperti bagaimana orang-orang dalam fiksi ilmiah film.

Dalam laboratorium di seluruh dunia, peneliti teknologi sibuk menciptakan  suatu teknologi yang akan mengubah cara kita melakukan bisnis dan cara menjalani hidup kita. Gadget dan gizmos: mereka adalah teknologi baru yang bisa segera mengubah komputasi, obat-obatan, manufaktur, transportasi, dan infrastruktur energi kita. Memelihara orang-orang dan budaya yang diperlukan untuk membuat kelahiran ide-ide teknologi seperti itu mungkin merupakan usaha berantakan, karena MIT Media Lab pendiri Nicholas Negroponte menjelaskan dalam Menciptakan Budaya Situs . Namun dalam bagian khusus ini, Teknologi Review editor telah mengidentifikasi 10 teknologi baru yang kami perkirakan akan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam waktu dekat. Untuk masing-masing, kami telah memilih seorang peneliti atau penelitian tim yang bekerja dan visi mengemudi lapangan. Profil, pada halaman berikut, menawarkan sneak preview dari dunia teknologi di tahun-tahun dan dekade yang akan datang.


Teknologi baru dapat menggantikan bahan bakar fosil, mengubah rumah Anda menjadi sebuah pembangkit tenaga listrik, menyelamatkan ribuan nyawa - dan bahkan mungkin membuat kehidupan baru.

Berikut adalah 10 teknologi yang memiliki potensi untuk mengubah dunia.

1.Telepon

Di negara berkembang ponsel lebih penting daripada PC: ponsel yang digunakan untuk perbankan, dan untuk peramalan cuaca (bisnis kritis ketika petani harus memilih waktu terbaik untuk menabur atau menuai tanaman berharga). Tapi ponsel dapat berbuat lebih banyak lagi.
Misalnya, di Afrika Data menara ponsel digunakan untuk memetakan gerakan rakyat - dan pemetaan yang dapat membantu melacak penyakit seperti malaria dan mengidentifikasi pola penularan .
Data lokasi ponsel juga mungkin berguna dalam menangani bencana alam, meningkatkan transportasi umum atau hanya membantu pengecer membuat mal yang lebih menguntungkan.

2.Perpesanan Digital

Sebagai  pencitraan teknologi yang meningkatkan kita akan melihat dunia kita tidak seperti sebelumnya, baik di luar maupun di dalam. DARPA baru-baru ini memamerkan pengawasan drone 1,8 gigapixel yang dapat melihatnya 25 kilometer persegi pada suatu waktu, sementara kemajuan dalam teknologi pencitraan medis memungkinkan dokter untuk melihat ke dalam tubuh pasien dengan tingkat detail yang belum pernah terjadi sebelumnya.


3 kabel serat optik yang lebih baik

Kabel serat optik telah ada sejak abad ke-19, tapi itu tidak sampai 1970 bahwa masalah redaman - sinyal merendahkan lebih dari jarak - terpecahkan.
Sejak itu serat optik telah menjadi bagian dari struktur internet, tetapi itu adalah kain yang, bagi kebanyakan orang, berhenti lama sebelum sampai ke rumah mereka.
Ketika serat broadband akhirnya membuat ke setiap rumah , meskipun tidak sampai beberapa dari kami benar-benar menjanjikan untuk merevolusi cara orang menggunakan internet lagi.

4. Pikiran dikendalikan prosthetics

DARPA menyebutnya Target Muscle Re-persarafan, atau TMR pendek. Kami menyebutnya menakjubkan: TMR membuat otak dikendalikan prostetik anggota badan hampir sama responsif seperti yang nyata, memberikan umpan balik sensoris yang memungkinkan pengguna prostetik untuk riffle melalui tas atau ambil objek tanpa harus melihatnya.
Dari mata elektronik untuk seluruh exoskeletons, kombinasi bakat teknis yang serius dan tumpukan besar uang tunai yang membawa kita semakin dekat dengan masa depan cybernetic.

5. pencetakan 3D

Senjata 3D-cetak dan obat-obatan mungkin mendapatkan berita utama, tetapi efek nyata cetak 3D mungkin akan kurang sensasional dan jauh lebih berguna.
Ini sudah membantu untuk merevolusi manufaktur dengan pemotongan biaya penelitian dan pengembangan, dan dalam jangka panjang mungkin berarti bahwa alih-alih memesan secara online dan menunggu kurir untuk menyampaikan, kita hanya akan mencetak produk di rumah - bahkan mungkin makanan .
Itu bagus bagi lingkungan, tetapi dapat memiliki konsekuensi bencana bagi pekerjaan banyak orang.

6 Sensor cerdas yang kecil

Dunia memperhitungkan bahwa pada tahun 2017, perusahaan akan mengirimkan sekitar 515 juta sensor untuk dapat dipakai, implan atau kesehatan dan kebugaran perangkat mobile, Jaringan kecil, sensor pintar bisa mengubah perawatan kesehatan , akhirnya membuat otomatisasi dirumah membantu Anda menemukan tempat parkir atau mencari alien di Mars .

7 kepolisian prediktif

Sungguh tidak ada keraguan bahwa teknologi ini bisa dipakai untuk menonton setiap gerakan manusia yang ada : satu versi, dijuluki RIOT , kumpulan publik seperti jaringan sosial untuk membangun sebuah gambaran mengejutkan tentang rincian individu dan kemungkinan untuk mendeteksi perilaku mereka di masa depan.

8.Teknologi Surya
Teknologi surya telah ditahan oleh beberapa masalah: panel surya yang besar dan kuat, mahal, dan tentu saja mereka tidak memberikan energi ketika gelap. Masalah terbesar adalah efisiensi: seperti yang dilaporkan National Geographic, mereka hanya menangkap 10 sampai 20 persen dari sinar matahari yang menyinari mereka.
Masa depan? Para milyoner akan membuat panel yang lebih reflektif, jauh lebih murah untuk memproduksi dan jauh lebih efisien . Ide lainnya termasuk antena kecil pada perangkat yang menangkap energi matahari dan langsung mengubahnya menjadi listrik, panel surya benar-benar dapat menyimpan energi , dan cat pada bangunan  yang mengubah seluruh bangunan menjadi kumpulan energi surya.

9. Biohacking

Seperti yang dilaporkan Nature, "mereka takut bahwa penyebaran tanaman bisa menjadi preseden untuk rilis tanpa pengawasan dari organisme sintetis, dan mungkin menumbuhkan persepsi publik yang negatif pada biologi sintetik -. Disiplin eksperimental baru yang melibatkan genetik rekayasa organisme untuk melakukan tugas-tugas yang berguna"
Insinyur Biohackers bisa merubahnya menjadi sesuatu  yang sama sekali baru, baik atau buruk, dan sektor yang muncul hampir seluruhnya tidak diatur. Friends of the Earth telah menyerukan moratorium global terhadap pelepasan organisme sintetis "sampai peraturan yang tepat dan mekanisme keselamatan telah dimasukkan ke dalam tempat".

10 pemindaian genetik

The MyGenome aplikasi iPad adalah sekilas masa depan, memungkinkan Anda untuk menganalisis genetik penuh seseorang. Untuk saat ini bahwa seseorang  pengembang CEO, tetapi jika harga sekuensing DNA terus menurun - biaya per orang turun dari US $ 2,7 miliar menjadi US $ 5.000 dalam sepuluh tahun - maka analisis genom penuh bisa di banyak masa depan kita.
Itu bisa memiliki implikasi yang mendalam: kita bisa mengetahui apakah kita rentan terhadap jenis-jenis penyakit tertentu seperti kanker, atau jika kita memiliki lebih tinggi daripada risiko rata-rata berbagai kondisi yang tidak menyenangkan, atau jika obat tertentu bisa membunuh daripada menyembuhkan kita.
Operasi pencegahan Angelina Jolie baru-baru ini adalah contoh dari sekuensing DNA dalam tindakan: Jolie memiliki gen BRCA1, yang berarti ia memiliki risiko tinggi mengembangkan kanker payudara yang membunuh ibunya.
Sebagai Carole Cadwalladr menulis di The Guardian: "mengungkapkan DNA penuh kami akan merevolusi obat - tetapi juga akan menimbulkan pertanyaan besar tentang etika apa yang kita lakukan dengan informasi".

Cara Beternak Sapi! Cara Sukses Usaha Peternakan Sapi potong

Sapi Potong Yang Diternak
Sapi Potong

Cara Beternak Sapi - Para peternak sapi potong kelas rumahan diberi pelatihan khusus untuk mengikuti standard pemeliharaan sapi potong skala besar. Pelatihan ini meliputi knowledge transfer kepada peternak dalam memilih bibit sapi potong. Misalnya dari segi bentuk badan, bibit tipe sapi potong umumnya mempunyai bentuk badan persegi panjang atau berbentuk bulat silinder. Sementara badan bagian muka, tengah dan belakang tumbuh sama kuat dan garis badan bagian atas dan bawah sejajar. Dengan demikian, kualitas daging sapi potong yang dihasilkannya sama dan layak untuk dikonsumsi dengan sapi potong dari peternak kelas besar.Dalam tempo waktu enam bulan, peternak sapi potong kelas rumahan bisa memperoleh keuntungan sekitar Rp4 juta sampai Rp5 juta per satu ekor sapi potong. Padahal, dalam satu rumah tangga, sapi potong yang dibudidayakan rata-rata 2 hingga 3 ekor. Kalau harga bibit satu ekor antara Rp6 juta – Rp7 juta, sementara setelah dipelihara selama 6 bulan, harga sapi di pasaran meningkat antara Rp10 – Rp11 juta, keuntungan peternak bisa mencapai Rp4 juta – Rp5 juta per ekor. Laba ini pun bisa berlipat ganda saat hari raya keagamaan tiba, seperti Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha dan Natal.


Usaha peternakan sapi potong mayoritas masih dengan pola tradisional dan skala usaha sambilan. Hal ini disebabkan oleh besarnya investasi jika dilakukan secara besar dan modern, dengan skala usaha kecilpun akan mendapatkan keuntungan yang baik jika dilakukan dengan prinsip budidaya modern. Dengan prinsip K-3 (Kuantitas, Kualitas dan Kesehatan) sangat membantu budidaya penggemukan sapi potong baik untuk skala usaha besar maupun kecil.

Penggemukan sapi potong adalah pemeliharaan sapi dewasa dalam keadaan kurus untuk ditingkatkan berat badannya melalui pembesaran daging dalam waktu relatif singkat (3-5 bulan).


Beberapa hal yang berkaitan dengan usaha penggemukan sapi potong adalah :

1. Jenis-jenis Sapi Potong.

Beberapa jenis sapi yang digunakan untuk bakalan dalam usaha penggemukan sapi potong di Indonesia adalah :

A. Sapi Bali.
Cirinya berwarna merah dengan warna putih pada kaki dari lutut ke bawah dan pada pantat, punggungnya bergaris warna hitam (garis belut). Keunggulan sapi ini dapat beradaptasi dengan baik pada lingkungan yang baru.

B. Sapi Ongole.
Cirinya berwarna putih dengan warna hitam di beberapa bagian tubuh, bergelambir dan berpunuk, dan daya adaptasinya baik. Jenis ini telah disilangkan dengan sapi Madura, keturunannya disebut Peranakan Ongole (PO) cirinya sama dengan sapi Ongole tetapi kemampuan produksinya lebih rendah.

C. Sapi Brahman.
Cirinya berwarna coklat hingga coklat tua, dengan warna putih pada bagian kepala. Daya pertumbuhannya cepat, sehingga menjadi primadona sapi potong di Indonesia.

D. Sapi Madura.
Mempunyai ciri berpunuk, berwarna kuning hingga merah bata, terkadang terdapat warna putih pada moncong, ekor dan kaki bawah. Jenis sapi ini mempunyai daya pertambahan berat badan rendah.

E. Sapi Limousin.
Mempunyai ciri berwarna hitam bervariasi dengan warna merah bata dan putih, terdapat warna putih pada moncong kepalanya, tubuh berukuran besar dan mempunyai tingkat produksi yang baik.

2. Pemilihan Bakalan.

Bakalan merupakan faktor yang penting, karena sangat menentukan hasil akhir usaha penggemukan.
Pemilihan bakalan memerlukan ketelitian, kejelian dan pengalaman. Ciri-ciri bakalan yang baik adalah :
  • Berumur di atas 2,5 tahun.
  • Jenis kelamin jantan.
  • Bentuk tubuh panjang, bulat dan lebar, panjang minimal 170 cm tinggi pundak minimal 135 cm, lingkar dada 133 cm.
  • Tubuh kurus, tulang menonjol, tetapi tetap sehat (kurus karena kurang pakan, bukan karena sakit).
  • Pandangan mata bersinar cerah dan bulu halus.
  • Kotoran normal


Cara Pemeliharaan Sapi

A. Perkandangan.



desain kandang sapi potong
Kandang Sapi
Secara umum, kandang memiliki dua tipe, yaitu individu dan kelompok. Pada kandang individu, setiap sapi menempati tempatnya sendiri berukuran 2,5 X 1,5 m. Tipe ini dapat memacu pertumbuhan lebih pesat, karena tidak terjadi kompetisi dalam mendapatkan pakan dan memiliki ruang gerak terbatas, sehingga energi yang diperoleh dari pakan digunakan untuk hidup pokok dan produksi daging tidak hilang karena banyak bergerak. Pada kandang kelompok, bakalan dalam satu periode penggemukan ditempatkan dalam satu kandang. Satu ekor sapi memerlukan tempat yang lebih luas daripada kandang individu. Kelemahan tipe kandang ini yaitu terjadi kompetisi dalam mendapatkan pakan sehingga sapi yang lebih kuat cenderung cepat tumbuh daripada yang lemah, karena lebih banyak mendapatkan pakan.


B. Pakan.



konsentrat pakan sapi
Pakan Sapi
Berdasarkan kondisi fisioloigis dan sistem pencernaannya, sapi digolongkan hewan ruminansia, karena pencernaannya melalui tiga proses, yaitu secara mekanis dalam mulut dengan bantuan air ludah (saliva), secara fermentatif dalam rumen dengan bantuan mikrobia rumen dan secara enzimatis setelah melewati rumen.
Penelitian menunjukkan bahwa penggemukan dengan mengandalkan pakan berupa hijauan saja, kurang memberikan hasil yang optimal dan membutuhkan waktu yang lama. Salah satu cara mempercepat penggemukan adalah dengan pakan kombinasi antara hijauan dan konsentrat. Konsentrat yang digunakan adalah ampas bir, ampas tahu, ampas tebu, bekatul, kulit biji kedelai, kulit nenas dan buatan pabrik pakan. Konsentrat diberikan lebih dahulu untuk memberi pakan mikrobia rumen, sehingga ketika pakan hijauan masuk rumen, mikrobia rumen telah siap dan aktif mencerna hijauan. Kebutuhan pakan (dalam berat kering) tiap ekor adalah 2,5% berat badannya. Hijauan yang digunakan adalah jerami padi, daun tebu, daun jagung, alang-alang dan rumput-rumputan liar sebagai pakan berkualitas rendah dan rumput gajah, setaria kolonjono sebagai pakan berkualitas tinggi.

Penentuan kualitas pakan tersebut berdasarkan tinggi rendahnya kandungan nutrisi (zat pakan) dan kadar serat kasar. Pakan hijauan yang berkualitas rendah mengandung serat kasar tinggi yang sifatnya sukar dicerna karena terdapat lignin yang sukar larut oleh enzim pencernaan. Untuk memaksimalkan perkembangan sapi juga dilengkapi dengan pemberian obat dan vitamin pada sapi.

viterna vitamin sapi
Vitamin Sapi

 Oleh karena itu PT. NATURAL NUSANTARA membantu peternak dengan mengeluarkan produk NATURAL PROBIOTIK (NPB) yang dapat membuat pakan berkualitas rendah menjadi mudah dicerna. NPB mengandung :

  •  Bakteri sellulolitic strain dominant, yaitu bakteri dalam cairan rumen yang mampu memecah dinding sel dengan kadar lignin tinggi.
  • Multi enzim yang disintesa dari rumen.
  • Pengkelat bahan-bahan anti nutrisi.

Cara pemakaian NPB adalah sebagai berikut :

  • Campurkan 1 kg NPB dalam 100 liter air.
  • Bahan pakan dirajang hingga berukuran 20-25 cm untuk meningkatkan efektifitas proses fermentasi.
  • Tumpuk bahan pakan berlapis-lapis hingga tinggi maksimal 150 cm.
  • Siram tumpukan bahan pakan dengan air secara merata yang bertujuan untuk membasahi bahan pakan.
  • Siram tumpukan pakan dengan larutan NPB secara merata. Usahakan seluruh bahan pakan terkena siraman larutan NPB.
  • Tutup tumpukan pakan dengan plastik secara rapat. Setelah 48 jam tumpukan akan menjadi panas yang menandakan proses fermentasi berlangsung baik.
  • Pada hari ke-7 diamati, jika proses fermentasi telah sempurna (ditandai dengan bau caramel/bir dan bahan pakan telah lunak) proses fermentasi dapat diakhiri.
  • Jika proses belum sempurna, diperpanjang 15 hari.
  • Sebelum diberikan kepada ternak bahan pakan diangin-anginkan lebih dahulu untuk membuat pakan kering dan tidak lembab sehingga lebih disukai oleh ternak.

Selain NPB, PT. NATURAL NUSANTARA juga mengeluarkan suplemen khusus ternak yaitu VITERNA Plus. Produk ini menggunakan teknologi asam amino yang diciptakan dengan pendekatan fisiologis tubuh sapi, yaitu dengan meneliti berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak.
VITERNA Plus mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak, yaitu :

  • Mineral-mineral sebagai penyusun tulang, darah dan berperan dalam sintesis enzim, yaitu N, P, K,Ca, Mg, Cl dan lain-lain.
  • Asam-asam amino, yaitu Arginin, Histidin, Leusin, Isoleusin dan lain-lain sebagai penyusun protein, pembentuk sel dan organ tubuh.
  • Vitamin lengkap yang berfungsi untuk berlangsungnya proses fisiologis tubuh yang normal dan meningkatkan ketahanan tubuh sapi dari serangan penyakit.
  • Asam - asam organik essensial, diantaranya asam propionat, asam asetat dan asam butirat.

Cara penggunaannya adalah dengan dicampurkan dalam air minum atau komboran dengan dosis :

  • 5 cc/ekor perhari untuk sapi, kerbau dan kuda 
  • 4 cc/ekor perhari untuk kambing dan domba.

Penambahan VITERNA Plus tersebut dilakukan pada pemberian air minum atau komboran yang pertama.

Membuat Pakan Ternak Sapi Potong Modern

Semua peternak pasti menginginkan ternaknya sehat, gemuk, dan berkualitas dengan modal dan bahan seminimal mungkin sehingga keuntungan lebih bisa didapat. Beberapa peternak mengalami kesulitan untuk menentukan pakan yang sesuai standar dan komplit nutrisi, kasus yang sering ditemukan adalah ketidakcocokan pakan yang diberikan pada sapi yang ditujukan untuk dipotong.

Bahan pakan sapi potong ini dapat diaplikasikan pada penggemukan semua sapi potong seperti sapi ongole, sapi bali, dan sapi madura agar daging konsumsinya banyak dan berkualitas. Perlu diketahui bahwa secara alami pertambahan berat badan sapi di kisaran 500 gram – 1000 gram/ hari. Namun untuk mewujudkan itu cara pemberian konsentrat hormon pertumbuhan belum distandarisasi secara resmi oleh dinas peternakan. Salah satu kendala yang sering dihadapi peternak adalah masalah keterbatasan pakan. Maka berbagai solusi pakan alternatif yang efektif untuk penggemukan sapi potong terus diupayakan, beberapa alternatif yang diperoleh adalah dengan membuat pakan fermentasi dengan media pakan konsentrat alami.Pemberian konsentrat sudah menjadi alternatif penggemukan sapi modern.

Konsentrat Sebagai Pakan Sapi Potong

Konsentrat merupakan salah satu media pakan yang bisa dibilang wajib bagi para peternak semua jenis sapi yang mengejar penggemukan sapi terutama sapi potongnya. Konsentrat juga dikenal sebagai bahan pakan yang kadar nutrisi protein tinggi dan karbohidrat serta kadar serat kasar yang rendah (dibawah 18%). Untuk membuat konsentrat yang baik ada beberapa kombinasi bahan alami/organik yang dapat kita gunakan sebagai komposisi pembuatan konsentrat yang baik. Bahan-bahan komposisi konsentrat yang umum digunakan dan mudah didapat antara lain sebagai berikut

  • Dedak (bekatul) dengan komposisi 70% atau 75% atau dapat diganti dengan alternatif berupa batang rumbia yang didalamnya terdapat sagu rumbia. Penggantian dengan batang rumbia tentu memiliki alasan tersendiri selain secara ekonomis harga batang rumbia lebih murah dari bekatul/dedak karena banyak juga dijumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia. Secara kandungan nutrisi batang rumbia memiliki karbohidrat yang cukup tinggi. Batang rumbia dapat diolah dengan cara dikupas kulit terluarnya lalu hancurkan batang rumbia yang telah dikupas dengan mesin atau manual dengan cara dicincang menjadi ukuran 0.5 cm atau lebih kecil. Terakhir rendam hasil cincangan dengan air, biarkan selama sehari dan berikan pada sapi.
  • Jagung giling dengan komposisi 8%-10% sebagai penambah nutrisi terutama kebutuhan serat dan lemak kasar yang tidak ada pada dedak. Sehingga apabila jagung giling dan dedak dikombinasikan akan saling melengkapi. 
  • Bungkil kelapa dengan komposisi 10%-15% atau dapat diganti bungkil kacang tanah atau kedelai tentunya dengan kandungan nutrisi yg berbeda-beda. Bungkil kelapa merupakan hasil sisa dari pembuatan dan pemerasan minyak kelapa yang diperoleh dari daging kelapa yang telah dikeringkan terlebih dahulu dimana berperan sebagai sumber protein. 
  • Tepung tulang atau kalsium dengan komposisi 2%-5% sebagai pelengkap kebutuhan akan mineral terutama kalsium juga sebagai penambah protein. 
  • Garam dapur dengan komposisi sebesar 2% sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral.
  • Bila diperlukan bisa diberikan tambahan vitamin yang sudah banyak digunakan sebagai pelengkap kebutuhan micro, tetapi tetap berpatokan pada dosis yang ditentukan, jangan sampai berlebihan.

Dosis Dan Waktu Pemberian Konsentrat Pakan Sapi Potong

Dosis yang tepat pemberian pakan konsentrat ini adalah diberikan sebagai makanan penguat/extra pada ternak sapi potong di samping makanan pokok yang utama berupa rumput segar dan hijau. Perbandingan pemberian pakan pokok (hijauan) dan konsentrat untuk pakan penggemukan sapi adalah antara 30% : 70% atau maksimal 20% : 80% . Waktu pemberian konsentrat yang baik dilakukan sekali setiap hari pada pagi hari sebelum diberi makanan utama berupa rumput. Dri hasil penelitian juga ditemukan bahwa urutan pemberian konsentrat lebih dahulu sebelum makanan utama (hijauan) lebih efektif untuk meningkatkan berat badan karena pemberian konsentrat lebih dahulu bertujuan untuk memberikan energi yang lebih besar kepada mikroba rumen untuk mencerna makanan pokok (rumput, dsb.) Dengan menerapkan carapakan ternak sapi potong seperti ini, bukan tidak mungkin bobot sapi potong anda akan meningkat dua kali lipat.

Pengendalian Penyakit Dalam Peternakan Sapi.

Dalam pengendalian penyakit, yang lebih utama dilakukan adalah pencegahan penyakit daripada pengobatan, karena penggunaan obat akan menambah biaya produksi dan tidak terjaminnya keberhasilan pengobatan yang dilakukan. Usaha pencegahan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan sapi adalah :
  • Pemanfaatan kandang karantina. Sapi bakalan yang baru hendaknya dikarantina pada suatu kandang terpisah, dengan tujuan untuk memonitor adanya gejala penyakit tertentu yang tidak diketahui pada saat proses pembelian. Disamping itu juga untuk adaptasi sapi terhadap lingkungan yang baru. Pada waktu sapi dikarantina, sebaiknya diberi obat cacing karena berdasarkan penelitian sebagian besar sapi di Indonesia (terutama sapi rakyat) mengalami cacingan. Penyakit ini memang tidak mematikan, tetapi akan mengurangi kecepatan pertambahan berat badan ketika digemukkan. Waktu mengkarantina sapi adalah satu minggu untuk sapi yang sehat dan pada sapi yang sakit baru dikeluarkan setelah sapi sehat. Kandang karantina selain untuk sapi baru juga digunakan untuk memisahkan sapi lama yang menderita sakit agar tidak menular kepada sapi lain yang sehat.
  • Menjaga kebersihan sapi bakalan dan kandangnya. Sapi yang digemukkan secara intensif akan menghasilkan kotoran yang banyak karena mendapatkan pakan yang mencukupi, sehingga pembuangan kotoran harus dilakukan setiap saat jika kandang mulai kotor untuk mencegah berkembangnya bakteri dan virus penyebab penyakit.
  • Vaksinasi untuk bakalan baru. Pemberian vaksin cukup dilakukan pada saat sapi berada di kandang karantina. Vaksinasi yang penting dilakukan adalah vaksinasi Anthrax.

Beberapa jenis penyakit yang dapat meyerang sapi potong adalah cacingan, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), kembung (Bloat) dan lain-lain.

Produksi Daging Sapi Potong.

Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi daging adalah :

1. Pakan.
Pakan yang berkualitas dan dalam jumlah yang optimal akan berpengaruh baik terhadap kualitas daging. Perlakuan pakan dengan NPB akan meningkatkan daya cerna pakan terutama terhadap pakan yang berkualitas rendah sedangkan pemberian VITERNA Plus memberikan berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak sehingga sapi akan tumbuh lebih cepat dan sehat.

2. Faktor Genetik.
Ternak dengan kualitas genetik yang baik akan tumbuh dengan baik/cepat sehingga produksi daging menjadi lebih tinggi.

3. Jenis Kelamin.
Ternak jantan tumbuh lebih cepat daripada ternak betina, sehingga pada umur yang sama, ternak jantan mempunyai tubuh dan daging yang lebih besar.

4. Manajemen.
Pemeliharaan dengan manajemen yang baik membuat sapi tumbuh dengan sehat dan cepat membentuk daging, sehingga masa penggemukan menjadi lebih singkat.


Video I : Cara Beternak Sapi



TERNAK SAPI PERAH MENGGUNAKAN VITERNA oleh sulastri-galingging


Video II : Cara Sukses Usaha Peternakan Sapi



TERNAK SAPI DI KALIMANTAN BARAT MENGGUNAKAN NASA oleh sulastri-galingging


Video III : Rahasia Cara Sukses Usaha Peternakan Sapi



RESEP RAHASIA SUKSES TERNAK SAPI MENGGUNAKAN... oleh sulastri-galingging


Mau Dapat Uang Saat Internetan, Tanpa Modal Dan Bukan Tipu-Tipu : Klik Disini

Baca Selengkapnya : Ulasan Lengkap Asam Urat
Baca Selengkapnya :  Ulasan Lengkap Tentang Sakit Gigi Dan Obatnya

Artikel Menarik : 10 Tips Mudah Untuk Hidup Sehat


Cara Beternak Ayam ! Cara Memulai Usaha Peternakan Ayam

ayam ternak dalam kandang
Usaha Peternakan Ayam
Cara Beternak Ayam - Bisnis peternakan ayam merupakan suatu peluang usaha yang sangat menjanjikan.Mengingat income
yang mampu diperoleh sangatlah besar dan potensi permintaan pasar yang sangat tinggi.Bisnis peternakan ayam banyak diminati oleh para pengusaha besar bahkan para pemula dalam dunia wirausaha.

Dalam usaha peternakan ini dari semua sesi adalah uang, karena peternakan ayam bisa mendapatkan penghasilan dari telur, daging, bahkan sampai pada pupuk komposnya.
Selain itu beternak ayam bukanlah hal yang rumit.Bahkan bisa dikatakan sangatlah mudah apalagi jika yang di ternak adalah ayam lokal ( ayam kampung  ) yang memiliki kualitas dan kuantitas daging yang bermutu juga daya tahan tubuh yang lebih kuat.perawatan ayam yang intensif sangatlah diperlukan untuk mempermudah pengendalian ayam terhadap penyakit.Selain itu juga diperlukan sistem manajemen dan tata kelola yang baik dan benar.Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk  memulai usaha peternakan ayam :

A.Pemilihan jenis ayam untuk diternak.

Anda ingin beternak ayam kampung atau ayam ras? Jika ingin memperoleh hasil yang cepat maka ayam ras adalah pilihan utama. Ayam ras memang perkembangbiakan serta pertumbuhannya begitu cepat. Akan tetapi ayam kampung juga tidak kalah menguntungkan. Di bawah ini ada perbandingan sederhana antara ayam kampung dengan ayam ras dilihat dri segi keuntungan dan kerugiannya.

Ayam kampung

Keunggulan :
  • Mudah diternakkan
  • Harga jual daging dan telur mahal
  • Biaya produksi tidak tinggi
  • Daging sehat
Kelemahan
  • Sangat lama kurun waktu petenakan,karena ayam lama besar.
  • Banyak orang yang tidak suka karena ayam kampung lumayan keras dagingnya


Ayam Ras

Keunggulan
  • Daging lunak
  • Sebagian besar orang menyukainya
  • Harga jual daging dan telur normal
  • Cepat tumbuh dan berkembang biak
  • Pemasaran begitu mudah

Kelemahan
  • Daging tidak sehat karena terlalu banyak obat
  • Sistem ternak lebih sulit
  • Mudah mati



B. Pemilihan Anak ayam(DOC)


anak ayam yang diternak
Anak ayam Sehat
Anak ayam atau biasa disebut dengan DOC merupakan hal utama ubtuk diperhatikan.Usahakan memilih bibit ayam yang bertubuh besar dan prioritas pertumbuhan yang lebih tinggi.Selain itu kurun waktu penetasan yang tepat adalah 21 hari , tidak terlalu cepat tau juga tidak terlambat.









ciri ciri bibit ayam yang baik adalah
  • berdiri tegap
  • sehat dan tidak cacat
  • mata bersinar( cerah )
  • pusar terserap sempurna
  • buluh bersih dan mengkilap
  • bergerak lincah


C.Peralatan Dan Perlengkapan Peternakan

Kandang Ayam

desain kandang ayam
Desain Kandang Ayam
Luas Kandang ayam haruslah sesuai kapasitasnya dengan jumlah ayam yang hendak diternak dalam satu kandang. Pastikan semua langkah langkah dalam memulai peternakan dengan langkah yang terorganisir dengan baik.Usahakan kandang ayam berbentuk panggung untuk mempermudah proses pembersihan kotoran ayam dan pengendaliannya.Ada tiga macam kandang, yakni kandang box, kandang postal dan kandang baterai. Kandang box sebagai tempat pemeliharaan anakan ayam unggulan atau DOC. Disebut kandang box karena bentuknya yang memang kotak.

Dalam kadang box ukuran 1 x 1 m dapat diisi sebanyak 40 -45 DOC. Lama pemeliharaan DOC dalam kandang box +- 20 hari. Untuk menjaga kehangatan kandang diberikan lampu pada kandang box dengan suhu 30 – 32 derajat celcius.

Memasuki hari ke-21 ayam kampung dipindah ke kandang pembesaran atau kandang postal. Ukuran kandang postal menyesuaikan dengan jumlah ayam kampung yang dipelihara. Kandang postal ukuran 5 x 20 m bisa diisi sebanyak 1200 ekor ayam unggulan. Lama pemeliharan dalam kandang postal ini adalah ketika ayam unggulan berumur 21 hari sampai waktu panen.

Untuk kandang baterai diperlukan sebagai kandang untuk indukan atau ayam kampung petelur. Lokasi kandang yang ideal adalah memiliki jarak dengan permukiman minimal 5 m, tidak lembab, sinar matahari pagi dapat masuk dan sirkulasi udara cukup baik. Sebaiknya memilih lokasi yang agak rindang dan terhalangi oleh bangunan atau tembok lain agar angin tidak berhembus langsung ke dalam kandang. Sebelum kandang diisi dengan ayam, perlu dilakukan penyucihamaan dengan desinfektan yang tidak berbahaya bagi ayam.

Tempat Pakan Dan Minum Ayam

Untuk tempat pakan dan minuman ayam sudah banyak dijual di toko poultry shop atau toko peternakan, tempat pakan dan tempat minum ayam yang baik dan berkualitas juga sangat berperan penting dalam usaha peternakan ayam


Obat Ayam


obat ayam viterna
Obat Ayam
Dalam tahap pengendalian penyakit ayam juga harus di beri obat ( Vaksin ).Untuk pemberian obat bisa melalui minuman dan juga bisa melalui pakan.Hal ini sangatlah penting,karena jika terlambat dalam mengantisipasi penyakit ayam bisa berakibat fatal, seekor ayam pesakit bisa memberikan kematian massal pada ayam lainnya.

Vitamin ayam

 Selain obat juga diberikan vitamin untuk mencegah ayam agar tidak stress,ayam yang stress bisa berakibat fatal dalam usaha peternakan ayam.Ayam yang stres terlihat dari berkurangnya nafsu makan,pergerakan yang lambat, terlihat lemah dan mata redup.Stres pada ayam mampu memicu munculnya penyakit dan akibat terburuk adalah kematian massal pada ayam. Untuk itu pencegahan agar ayam tidak stres sangatlah dibutuhkan.Selain itu pemberian vitamin akan memicu tingkat perkembangan dan reproduksi ayam yang lebih maksimal.

D.Tehnik Mengelola Ayam

Pemberian pakan pada ayam 3x sehari. Usahakan agar kurun waktu pemberian pakan sama setiap
harinya.Pakan terbaik pada ayam adalah pelet ayam ( pur konsentrat) tetapi untuk mengurangi biaya produksi bisa dicampur dengan dedak,jagung,sayur sayuran,roti BS, mie instant remuk, bihun BS dan lainnya.

Yang terpenting dalam penyusunan ransum untuk ayam adalah memperhatikan kebutuhan nutrisi ayam yaitu protein kasar (PK) sebesar 12% dan energi metabolis (EM) sebesar 2500 kkal/kg.Pemberian pakan pada ayam disesuaikan dengan usia ayam itu sendiri, seperti berikut :
  • 7 gram/per hari sampai umur 1 minggu
  • 19 gram/per hari sampai umur 2 minggu
  • 34 gram/per hari sampai umur 3 minggu
  • 47 gram/per hari sampai umur 4 minggu
  • 58 gram/per hari sampai umur 5 minggu
  • 66 gram/per hari sampai umur 6 minggu
  • 72 gram/per hari sampai umur 7 minggu
  • 74 gram/per hari sampai umur 8 minggu


Untuk minuman , minuman ayam diberikan secara tidak terbatas,jika habis tambahkan lagi.Produk vitamin yang sangat bermanfaat pada peningkatan produktivitas ayam, baik dari segi kualitas, kuantitas dan efektivitasnya. Produk yang bisa dipakai berupa VITERNA, POC NASA, DAN HORMONIK.

Viterna Plus merupakan suplemen khusus ternak dengan kandungan :
Mineral-mineral yang penting untuk pertumbuhan tulang, organ luar dan dalam, pembentukan darah dan lain-lain.
Asam-asam amino utama seperti Arginin, Histidin, Isoleucine, Lycine, Methionine , Phenylalanine, Threonine, Thryptophan, dan Valine sebagai penyusun protein untuk pembentukan sel, jaringan, dan organ tubuh.
Vitamin-vitamin lengkap, yaitu A, D, E, K, C dan B Komplek untuk kesehatan dan ketahanan tubuh.
Pemberian POC NASA yang mengandung berbagai mineral penting untuk pertumbuhan ternak, seperti N, P, K, Ca, Mg, Fe dan lain-lain serta dilengkapi protein dan lemak nabati, mampu meningkatkan pertumbuhan ternak ayam kampung, ketahanan tubuh babi, mengurangi kadar kolesterol daging dan mengurangi bau kotoran. Untuk hasil lebih optimal, pemberian POC NASA disarankan ditambahkan dengan Hormonik.

Hormonik berperan sebagai zat pengatur tumbuh, di mana keberadaannya akan sangat penting dalam membantu meningkatkan pertumbuhan ternak babi. Sehingga budidaya ternak ayam kampung bisa dilakukan dalam waktu lebih singkat tetapi tetap mendapatkan hasil yang optimal.

Pemakaian VITERNA Plus, POC NASA, dan HORMONIK bisa dilakukan sebagai campuran air minum yang diberikan sepanjang hari. Bisa pula dicampurkan sebagai pembasah pada pakan konsentrat.


D. PENGENDALIAN PENYAKIT AYAM

Penyakit pada ayam  kerap kali menimbulkan masalah dan kerugian yang besar. Karena itu pengendalian dan pencegahan penyakit penting untuk dilakukan. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit antara lain:

  • Menjaga sanitasi lingkungan kandang, peralatan kandang dan manusianya
  • Pemberian pakan yang fresh dan sesuai kebutuhan ternak
  • Melakukan vaksinasi secara teratur
  • Pemilihan lokasi peternakan di daerah yang bebas penyakit
  • Manajemen pemeliharaan yang baik
  • Kontrol terhadap binatang lain.

Dengan pemeliharaan ayam secara intensif dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan daging ayam  yang semakin meningkat


Mau Dapat Uang Saat Internetan, Tanpa Modal Dan Bukan Tipu-Tipu : Klik Disini

Baca Selengkapnya : Ulasan Lengkap Asam Urat
Baca Selengkapnya :  Ulasan Lengkap Tentang Sakit Gigi Dan Obatnya

Artikel Menarik : Cara Sukses Usaha Peternakan Sapi potong