Perjalanan Hidup,Kata Penyemangat Hidup!

Hidup ibarat sebuah perjalanan



perjalanan hidup yang panjang
Perjalanan Hidup
Perjalanan Hidup,Kata Penyemangat Hidup! - Hidup ibarat sebuah perjalanan,dan perjalanan hidup yang penuh lika-liku. Terkadang jalan yang kita tempuh mulus tanpa hambatan. Namun tak jarang jalan yang kita lewati berkelok-kelok, berbatu-batu dan juga terjal. Begitu pula dengan hidup saya. Saya adalah seorang pemuda dewasa muda yang bergumul dengan homoseksualitas.

Saya dilahirkan dalam sebuah keluarga yang lengkap dan saya bersyukur untuk hal itu. Hanya saja keluarga saya memang kurang hangat secara emosional.  Ayah saya adalah seorang pekerja keras. Ia merupakan seorang wirausahawan yang sangat giat bekerja. Hari-hari dalam hidupnya dihabiskan untuk bekerja. Tujuh hari dalam seminggu ia menjalankan usahanya. Ia memang termasuk pria yang bertanggung jawab terhadap keluarga. Dan kerja keras yang dilakukan oleh ayah saya dilakukan untuk memastikan tercukupinya kebutuhan keluarga kami. Maksud baiknya ini ternyata tidak selalu berdampak baik terhadap saya. Tanpa disadari kesibukannya di dalam pekerjaan membuat saya jarang berinteraksi dengannya. Seingat saya dari kecil sampai sekarang kami sangat jarang bermain bersama. Atau sekedar melakukan aktivitas bersama layaknya ayah dan anak pada umumnya. Selain itu ia juga sangat jarang secara verbal untuk menyatakan rasa sayang kepada saya atau sekedar memberikan nasihat dan dukungan ketika saya membutuhkannya. Misalnya, ketika tiba waktunya pengambilan raport caturwulan saat SD dulu, ia seringkali terlambat mengambil raport saya atau bahkan tidak datang sama sekali karena terlalu sibuk bekerja.

Berbeda dengan ayah saya yang agak pasif, ibu saya justru tergolong orang yang dominan dan cenderung protektif. Saya memang cukup dekat dengan ibu saya. Sebagian besar dukungan dan perhatian saya dapatkan darinya. Hanya saja sikapnya terkadang agak berlebihan. Misalnya saat kecil dulu, saya dilarang untuk terlalu banyak bergaul dengan orang-orang yang berada di luar lingkungan keluarga saya. Terutama orang-orang yang tidak satu suku dengan saya. Ibu saya khwatir kalau saya nanti akan terpengaruh oleh hal-hal buruk yang dimiliki oleh orang-orang tersebut. Hal ini membuat saya agak terisolasi dari dunia di luar saya, terutama dunia laki-laki.

Saya sendiri tidak memiliki kakak laki-laki atau figur laki-laki yang bisa saya contoh ketika masih kecil dulu. Saya justru dianugerahi dua orang kakak perempuan, mereka berdua cukup dekat dengan saya. Walaupun ketika masih kecil dulu mereka suka iseng terhadap saya. Hanya saja isengnya kadang kelewatan. Misalkan saja, mereka suka memakaikan pakaian perempuan kepada saya. Selain itu mereka juga suka mendandani saya layaknya seperti seorang perempuan. Tak jarang saya bermain masak-masakan dan boneka-bonekaan bersama mereka. Namun sangat disayangkan orang tua kami sangat jarang menegur saya ataupun kakak saya ketika hal itu terjadi.

Disadari atau tidak, latar belakang keluarga saya inilah yang membuat perasaan ketertarikan terhadap sesama jenis itu muncul. Saya merasakan adanya kebutuhan akan figur yang dapat melindungi, mengayomi, memimpin dan juga mengarahkan saya. Namun sangat disayangkan, kebutuhan tersebut tidak terpenuhi di dalam kehidupan saya.

Ayah saya yang seharusnya memberikan contoh pertama bagaimana menjadi seorang laki-laki sejati, tidak melakukannya dengan baik. Keabsenan figur itu ditambah lagi dengan perlakuan ibu saya yang secara tidak langsung menutup jalur saya untuk berinteraksi dan bergaul dengan dunia luar, khususnya dunia laki-laki. Tidak hanya sampai disitu, perlakuan kedua kakak perempuan saya membuat saya semakin mengalami kebingungan gender. Hal ini tentunya sangat tidak baik untuk perkembangan identitas diri seorang anak. Kebingungan…mungkin itulah kata yang paling tepat untuk menggambarkan masa tersebut.

Tanpa terasa waktu pun terus berjalan, tahun demi tahun terlewati… dan saya pun mulai tumbuh memasuki usia remaja. Kebahagiaan dan konflik batin terus terjadi dalam diri saya. Di satu sisi, saya tahu tidak ada satu agamapun yang menyetujui homoseksualitas. Tapi di sisi lain saya tidak dapat menyingkirkan perasaan tersebut. Semakin saya berusaha menghilangkan perasaan tersebut, semakin kuat perasaan ketertarikan itu. Saya sangat bingung, tidak tahu harus cerita ke siapa. Saya malu mengenai hal yang saya alami. Saya takut - kalau misalnya saya cerita ke orang lain - mereka akan menghina dan menolak saya.

Saya saja sangat bingung dengan apa yang saya alami, apalagi kalau saya harus sampai menerima hinaan dan penolakan lagi. Sampai-sampai saya berpikir masalah ini akan saya simpan sendiri, bahkan sampai mati tidak akan ada orang yang pernah tahu kecuali saya dan Tuhan. Tangis dan air mata menghiasi masa-masa itu. Bahkan saya sampai bernegosiasi dengan Tuhan… “Tuhan, boleh deh bikin gue lebih bodoh atau lebih jelek, asal gue gak gay, Tuhan. Tuhan gue gak mau punya perasaan ini, gue udah gak kuat nahannya. Terus buat apa lagi gue hidup…”

Rasa-rasanya air mata saya sudah kering saat itu…setiap malam kerjanya hanya menangis dan menangis..meratapi nasib dan terjebak dalam sikap mengasihani diri sendiri. Tidak ada tempat untuk bersandar… tidak ada tempat untuk berlari. Saya merasa sendiri, saya kesepian… Perasaan kebingungan dan kesepian mendorong saya untuk mencari tahu apa yang terjadi dalam diri saya. Kemudian saya pun mulai mencari berbagai literatur tentang homoseksualitas baik melalui buku, majalah, internet, dan lain sebagainya.

Selain itu, menyadari bahwa saat itu saya tidak memiliki secara utuh kualitas-kualitas yang seharusnya dimiliki oleh seorang pria - seperti sifat pemberani, mampu memimpin, melindungi, dan berinisiatif - maka saya mulai mencari kualitas-kualitas tersebut dalam diri orang lain yang tentunya juga sesama pria, yang saya kira memiliki kualitas-kualitas tersebut - baik mungkin secara fisik, emosional, sosial dan juga seksual.

Saya juga mulai menonton pornografi, melakukan masturbasi dan juga melakukan hubungan seks dengan sesama pria. Ketika pertama kali melakukannya, saya merasa jijik terhadap diri saya sendiri dan saya merasa sangat berdosa kepada Tuhan. Saya tahu tindakan yang saya lakukan merupakan dosa di hadapan Tuhan tetapi saya sudah tak dapat menahan hasrat yang begitu menggebu-gebu di dalam dada saya. Lagi-lagi, mungkin hanya linangan air mata yang tahu apa yang saya rasakan saat itu. Saya sangat kecewa dengan diri saya. Saya sedih karena melakukan hal tersebut, saya sedih karena telah mengecewakan Tuhan. Namun saya tak berkuasa… Saya bahkan merasa hidup saya tidak berguna lagi. Semua terasa hitam dan kelam… Seakan-akan tak ada jalan keluar dari semua kemelut yang saya alami… Semua aktivitas itu ternyata tidak memuaskan kebutuhan terdalam saya! Ingin rasanya berbalik kepada Tuhan. Tapi mungkinkah.. Mungkinkah Tuhan mau menerimaku kembali?

Sebuah pepatah mengatakan “Habis gelap terbitlah terang”. Pepatah itu tampaknya memang benar, ternyata tak selamanya langit di hidupku gelap. Setelah mendung dan turun hujan deras, Tuhan memunculkan pelangi yang indah di hidupku. Seiring berjalannya waktu, pikiranku mulai dibukakan oleh Tuhan. Saya mulai dibukakan apa yang salah selama ini. Tampaknya saya hanya mengandalkan kekuatan diri sendiri selama ini, saya belum mengandalkan Tuhan sepenuhnya. Hal itu lalu mendorong saya untuk menjadikan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat saya. Selain itu saya juga memohon pengampunan dari Tuhan dan meminta agar Tuhan mengampuni dosa-dosa dan kesalahan saya.

Perasaan damai pun mulai muncul dalam hidupku. Pelan-pelan saya mulai merasa tak kesepian seperti dulu lagi. Tanpa saya sadari saya mulai berani terbuka mensharingkan apa yang saya alami kepada orang lain. Ternyata respon yang mereka berikan tidak seburuk yang saya sangka… Ada yang mampu menerima kondisi saya apa adanya, namun ada juga yang masih belum bisa menerima kondisi saya apa adanya. Tapi buat saya tidak apa-apa, saya dapat memahami ketidakmengertian mereka. Singkatnya manusia mungkin boleh menolak saya tapi yang penting Tuhan tidak menolak saya.

Kendati demikian tak semuanya berjalan dengan mulus, tetap ada proses jatuh bangun di dalamnya. Tuhan memang memberikan jaminan akan keselamatan hidup dan juga pengampunan dosa, akan tetapi perubahan dari cara hidup yang lama ke cara hidup yang baru tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tetap dibutuhkan waktu dan proses yang panjang, bahkan terkadang menyakitkan. Saya membutuhkan anugerah, pertolongan dan juga kekuatan dari Tuhan. Kendati demikian Tuhan juga menginginkan agar saya memiliki tekad dan kedisiplinan diri jika benar-benar ingin berubah. Syukur kepada Tuhan, Ia terus menopang saya dengan sabar dan setia. Melalui pembelajaran akan Firman Tuhan, berdoa, kegiatan persekutuan dan juga telaah literatur, saya mulai bisa meninggalkan cara hidup saya yang lama. Kebenaran demi kebenaran pun mulai dibukakan, pola pikir yang lama diubahkan. Tanpa saya sadari, ternyata ada banyak pihak yang terus mendukung dan mendoakan saya. Syukur kepada Tuhan, saya mulai dapat memaafkan kesalahan kedua orang tua dan juga kakak-kakak saya. Saya merasa lebih damai sejahtera, sayapun jadi tahu bagaimana seharusnya saya memandangi dan menerima diri saya sendiri. Sekarang saya hidup di dalam identitas diri yang baru didalam Tuhan.

Lantas bagaimana dengan perasaan ketertarikan sesama jenis itu? Apakah perasaan ketertarikan itu sirna begitu saja? Ternyata tidak!  Perasaan itu tetap ada. Hanya saja perasaan itu mulai berkurang dan sudah tidak terlalu mengganggu seperti dulu. Lantas apakah hal ini membuat saya kecewa? Ternyata tidak. Dia tetap Allah. Dia berdaulat atas segala sesuatu yang terjadi di dalam hidupku. Maka ketika perasaan ketertarikan sesama jenis itu muncul, saya tidak mau terjebak oleh bujuk rayu Iblis yang berusaha membuat saya meragukan kedaulatan, keadilan dan juga kesetiaan Tuhan. Mata saya harus tetap tertuju kepadaNya. Saya juga tidak mau terjebak dalam situasi mengasihani diri sendiri. Tuhan tidak pernah bermain dadu, Dia tidak pernah salah.

Satu hal yang mesti saya ingat ketika perasaan ketertarikan sesama jenis itu muncul: Saya mesti menyadari bahwa saya tidak akan pernah mendapatkan kepuasan yang sejati melalui orang lain kecuali Tuhan saja! Kepuasan yang diberikan oleh manusia itu sifatnya hanya sementara, hanya Tuhanlah yang benar-benar dapat memenuhi kerinduan-kerinduan saya secara utuh dan juga penuh. Ya, memang hanya Tuhan sajalah yang mampu memenuhi kualitas-kualitas maskulin yang masih kurang itu.

Tentunya semua harus melalui proses dan juga waktu. Dibutuhkan pula tekad yang kuat, kedisiplinan diri dan hubungan pribadi yang baik dengan Tuhan. Tak lupa pula untuk menghindari hal-hal yang dapat membuat saya kembali ke cara hidup yang lama. Seperti menghindari pornografi, masturbasi dan lain sebagainya. Hal-hal inilah yang harus saya lakukan dalam perjalanan hidup saya yang baru.

Saya percaya tidak ada yang kebetulan di dunia ini. Termasuk ketika saya mengalami perasaan ketertarikan sesama jenis ini. Melalui perasaan ketertarikan sesama jenis inilah saya secara pribadi mulai mengenal Tuhan dan juga belajar untuk rendah hati serta mengandalkan Tuhan. Saya yakin, segala sesuatu yang terjadi di hidup saya ada di bawah kendalinya Tuhan. Walaupun saya belum bisa melihat dengan utuh rencana Tuhan, saya percaya semua yang diberikan untuk saya merupakan yang terbaik.


Mungkin terdengar naif …tapi inilah faktanya. Inilah yang saya alami secara nyata dalam hidup saya dan hal inilah yang dapat saya bagikan kepada Anda semua. Tinggal sekarang maukah kita percaya, taat dan juga setia kepadaNya langkah demi langkah? Semua jawabannya kembali kepada diri kita masing-masing.


Kata Kata Penyemangat Hidup



kumpulan kata kata penyemangat hidup
Kata Kata Penyemangat Hidup
selalu berpikiran positif menjadi cara ampuh mengatasi segala masalah tersebut. Banyak orang berbicara bijak karena ingin bangkit dari kegagalan, namun nyatanya kegagalan terus menghampirinya karena tak ada usaha yang nyata, hanya sebatas berpikir dan berucap, lalu tidak mengambil tindakan sungguh-sungguh. Terlepas dari bagaimana hal tersebut, motivasi yang bijak memang sangat dibutuhkan setiap manusia untuk mengarungi kerasnya hidup ini,Berikut ini kumpulan Kata Kata penyemangat hidup Terbaru yang bisa diterapkan :






1. Walau bagaimanapun juga, sahabatmu merupakan orang yang telah berjasa membangunkanmu dari keterpurukan, menghiburmu saat senang maupun susah. Begitu berartinya ia, dikala engkau takkan bisa melihat wajahnya lagi.

2. Seorang ibu tidak pernah memintamu untuk meletakkan dunia di tangannya, namun tutur kata yang halus, perangai yang santun, prilaku yang bertanggung jawab dari seorang anak yaitu kebahagiaan bagi seorang Ibu.

3. Terkadang rasa kecewa yang mendalam disebabkan oleh harapan diri yang terlalu tinggi terhadap sesuatu.

4. Masa lalumu tak mungkin menghambatmu, karena ia sudah berlalu. Hatimu yang lemahlah, yang menghambatmu.

5. Jika kehidupan membuat diri menangis, ingat ada ribuan kenangan indah yang membuat kita tersenyum.

6. Jika kamu ingin mengubah hidupmu, maka kamu harus memutuskan untuk segera melakukannya, bukan menunggu.

7. Ketika kamu sedang senang,kamu nikmati musik nya,namun ketika kamu sedang sedih yang kamu resapi adalah syair nya. Karena sebuah lagu ialah kata dari hati yang enggan bicara.

8. Sejatinya, rasa sakit bukanlah sesuatu yang menjadikan seseorang lemah. Tapi untuk memberikan suatu kekuatan yang mendorong seseorang lepas dari keterpurukan. Percayalah.

9. Kita lahir dengan dua mata di depan wajah kita, kerana kita tidak boleh selalu melihat ke belakang. Tapi pandanglah semua itu ke depan, pandanglah masa depan kita.


10. Ada hari dimana kita harus berhenti sejenak, menengok ke belakang lalu bersyukur.

11. Setiap jiwa yang dilahirkan telah tertanam dengan benih untuk mencapai keunggulan hidup. Tetapi benih tidak akan tumbuh seandainya tidak dibajai dengan keberanian.

12. Ya Allah... Terangilah jiwa kami dengan cahayaMu, bimbinglah langkah kami dengan petunjukMu dan Jagalah kami dari siksa api neraka. Aamiin.

13. Doa tanpa usaha dan perbuatan adalah sia-sia. Jadilah diri yang bijak.

14. Orang sombong biasa nya suka mengatakan yang berlebihan dan tak bijak, padahal itu semua tidak ada pada nya.

15. Apabila dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat kebaikan,maka jaminan bagi orang itu adalah tidak akan menemukan kemajuan walau selangkah sekalipun. --Soekarno

16. Ketika kehidupan tidak kamu jalani dengan penuh kesungguhan, maka kamu akan menjalaninya dengan penuh kelemahan.


17. Selalu jujur, karena kebebasan milik mereka yang jujur dan bijak. Orang yang berbohong tak bisa bebas, karena terperangkap kebohongannya.


18. Syukurilah kesulitan. Karena terkadang kesulitan mengantara kita pada hasil yang lebih baik dari apa yang kita bayangkan.

19. Setiap orang memiliki potensi yang sama untuk sukses. Perbedaannya adalah seberapa besar motivasi mampu mengalahkan setiap hambatan

20. Ingatlah, ketika kamu memutuskan berhenti untuk mencoba, saat itu juga kamu memutuskan untuk gagal.


21. Hidup bukan tentang mendapatkan apa yang kamu inginkan, tetapi tentang menghargai apa yang kamu miliki, dan sabar menanti yang akan menghampiri.

22. Seorang teman yang bijak tak akan mengecilkan impian temannya yg lain. Tapi sebaliknya, dia akan membantu mewujudkan semua impian temannya itu.

23. Orang-orang yang paling berbahagia tidak selalu memiliki hal-hal terbaik, mereka hanya berusaha menjadikan yang terbaik dari setiap hal yang hadir dalam hidupnya.

24. Jangan terus-terus tenggelam dalam kesedihan. Senyumlah, senyum untuk menjemput kebahagiaan, jangan menunggu bahagia baru tersenyum.

25. Mulutmu harimaumu. Kata kata yang keluar dari mulutmu mencerminkan kualitas dirimu.

26. Tidak ada hidup yang bersih dari hambatan. Mengatasi hambatan itulah yang membuat kita disebut berhasil.


27. Berhentilah menghakimi masa lalu seseorang. Lebih baik berdirilah disampingnya, bantu dia memperindah masa depannya.

28. Tak ada kata terlambat tuk berubah, kesalahan apapun yang pernah kamu buat di masa lalu, kamu bisa menjadi seseorang yang baru saat ini.

29. Setia adalah kesopanan yang hanya dimiliki oleh orang yang ingin membahagiakan masa depannya.

30. Caci maki tidak memperbaiki yang telah terjadi. Tangisan tidak mengembalikan yang telah pergi. Yang kamu butuh hanyalah senyuman.

Kata Kata Bijak
31. Tersenyumlah dalam situasi apapun, tanpa disadari senyum itu yang akan menguatkanmu.

32. Masa lalu sudah lewat, tak akan kembali lagi, masa depan itu belum terjadi jadi kita tak tahu apa yang terjadi dan akhirnya hanya berangan berharap sesuatu, tapi di masa kinilah, kita harus menentukan dan membuat keputusan terhadap diri kita.


33. Di balik kehebatan seorang laki-laki lihatlah dulu siapa wanita hebat di belakangnya. Wanita adalah tiang negara yang bijak.


34. Pertanyaan hidup yang paling penting dan mendesak adalah: Apa yang telah engkau lakukan untuk sesamamu?

35. Kebahagiaan sering datang kepada kita dalam bentuk kesakitan, kehilangan, dan kekecewaan, tapi dengan kesabaran, kita segera akan melihat bentuk aslinya. Insya Allah.

36. Ketika kamu mencintai seorang perempuan, itu ibarat seperti menyunting sekuntum mawar. Kadangkala kamu mencium harum mawar tersebut, tapi kadangkala kamu terasa bisa duri mawar itu menusuk jari.

37. Puisi bukanlah pendapat yang dinyatakan. Ia adalah lagu yang muncul dari luka yang tak berdarah dan mulut yang tersenyum.

38. Karena sesungguhnya kebahagiaan bukanlah hasil, dia merupakan hadiah setelah berusaha.

39. Berusahalah untuk membuat hati kita selalu damai, agar selalu bisa membahagiakan diri kita sendiri dan orang disekitar kita.

40. Saat kau mampu memaafkan & tersenyum kepada orang yang menyakitimu, saat itulah kau memastikan bahwa dirimu lebih baik darinya.

41. Cara terbaik untuk menghukum orang yang berbuat salah kepada kita adalah berbuat baik dan bijak selalu pada nya.

42. Dibutuhkan kedewasaan untuk memahami pemikiran orang dewasa. Dan terkadang masalah adalah jalan untuk mendewasakan diri dan menjadikan diri lebih bijak.


43. Tak tampan tak jadi soal, karena pria memimpin bukan dengan ketampanan tapi dengan tanggung jawab, kebijaksanaan dan suri tauladan.

44. Kebahagiaan yang sesungguhnya baru akan tercipta ketika hati ikhlas menerima. Penuh syukur dan selalu percaya hanya kepada-Nya.

45. Banyak jalan menuju kesuksesan, tapi ingat banyak jalan juga menuju kegagalan. Yang pasti variabel tetap dari kesuksesan adalah pengalaman kita gagal. Selamat bekerja!


46. Hari ini sebelum kamu mengatakan kata-kata yang tidak baik, Pikirkan tentang seseorang yang tidak dapat berbicara sama sekali.


47. Kenali terlebih dahulu sebelum menilai, karena yang tampak indah tak selalu indah dan yang tampak buruk tak selalu buruk.

48. Orang kuat menyadari betul kelemahannya, orang lemah tidak pernah menyadari kelebihannya.


49. Jika aku harus memilih ibu atau ayah, aku tidak akan memilih keduanya, karena mereka tidak untuk dipilih tapi untuk kubanggakan sebagaimana mereka membanggakan diriku yang lemah ini.

50. Kebesaran hati seseorang, dapat dilihat dari kemampuannya dalam memaafkan kesalahan dirinya pun orang lain.


Kata Kata Mutiara

51. Hidup itu bukan hanya membahagiakan diri sendiri, tapi bagilah kebahagiaan itu kepada orang di sekeliling kita karena kebahagiaan itu akan bertambah ketika dibagi.


52. Jangan iri atas keberhasilan orang lain, karena kamu tidak mengetahui apa yang telah ia korbankan untuk mencapai keberhasilannya itu.

53. Seburuk-buruknya keadaanku,sejatuh-jatuhnya aku, selelah-lelahnya hidupku, setidaknya aku masih punya Dia, tempatku bersandar & mengadu. Berharap jalanku selalu mendapat sinar-Nya.

54. Dewasa adalah ketika kita mampu bersikap lebih bijak dan tidak emosional dalam menghadapi suatu masalah.

55. Tidak masalah seberapa sering engkau jatuh, yang terpenting adalah seberapa cepat engkau bangkit.

56. Pada waktu anda memberi ruang di hati anda untuk kebencian, maka anda sebenarnya sedang memberi pupuk bagi penderitaan batin.

57. Orang terkuat bukan mereka yang selalu menang, melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh.

58. Mengukir prestasi itu mudah, tetapi mempertahankan prestasi itu yang sulit.

59. Apapun yang dilakukan dengan hati, akan membuahkan hasil yang berkesan pula di hati.

60. Setiap pekerjaan dahulukan dengan doa, niscaya akan lancar.

61. Menyabut paku yang tertancap pada kayu tidaklah cukup, karena tancapan paku tersebut masih menyisakan lubang. Mengampuni saja tak cukup jika tidak memperbaiki hati.

62. Mengucapkan kata kata lebih mudah dibanding bertindak. Karenanya, orang yang bijak adalah orang yang mampu mebuktikkan ungkapannya.

63. Cinta yang baik juga harus bisa membuatmu menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bila cintamu membuat hidupmu lebih buruk, maka jangan takut untuk melepaskannya pergi.

64. Ada dua perkara yang tidak lepas dari dusta, yaitu terlalu banyak berjanji dan terlalu keras mencari sebuah alasan.

65. Hidup anda tidak akan pernah merasakan ketenangan dan kedamaian, jika anda memelihara dan menyuburkan sikap iri hati.

66. Jangan sia-siakan apapun yang kamu miliki saat ini. Ingat, dahulu kamu pernah berharap untuk memilikinya.

67. Apapun yang terjadi, jangan sampai melepaskan pegangan dua tambang utama kehidupan, Harapan dan Keyakinan.

68. Suara Bedug mulai bertalu pertanda hidup perhitungan waktu saatnya maju tanpa rasa ragu berharap untuk jadi nomer satu.

69. Hidup itu rangkaian sirkum perputaran yang selalu berputar mengelilingi diri.

70. Tak perlu takut mengakui kesalahan pada diri sendiri, Lihatlah kekurangan dalam diri dan toh Sang Khalik dan diri kita saja yang tahu.

71. Maka bila mau jujur pada diri sendiri,menghargai diri itu semudah bercermin.Lihatlah kekurangan dalam diri dan belajar memperbaiki diri kita.

72. Jangan tanya kapan, tapi keajaiban akan datang menghampiri orang yang selalu melakukan yang terbaik buat dirinya sendiri maupun orang lain

73. Punya ilmu yang tinggi,tidak mesti kita melupakan sumber dari segala sumbernya Ilmu. Ini sama halnya dengan sikap kita terhadap pilihan hidup kita.

74. Mengejar sebuah impian dengan tiada henti adalah rahasia keberhasilan.

75. Anda mau mengubah dunia? Ubahlah dulu orang yang Anda lihat di cermin.

76. Jika yang kau bicarakan adalah impian besarmu dan melibatkan nama Tuhan, jangan pernah katakan 'Tidak Mungkin.'

77. Masih muda sudah kaya itu keren! Tapi sudah tua tapi enggak pernah kaya, kemana saja waktu mudanya?

78. Apapun yang terjadi janganlah menyerah, kalau menyerah habislah sudah.

79. Menjadi tua itu takdir, dan menjadi dewasa itu pilihan

80. Kekuatan bukan bersumber dari kemenangan. Perjuangan kitalah yang melahirkan kekuatan.

81. Kosong adalah isi dan isi adalah kosong. Kehidupan ini hanyalah sebuah ilusi dan ilusi ini hanya bisa disadari melalui kehidupan ini.

82. Ketika kita menghadapi kesulitan dan tidak menyerah, Itulah kekuatan kita.

83. Banyak orang yang mampu untuk menendang ke gawang sekeras mungkin, tapi tak banyak yang mampu menendang ke tepat sasaran.

84. Hal terindah dan terbaik di dunia ini tidak dapat dilihat atau disentuh, tetapi dapat dirasakan jauh di dalam hati kita.

85. Komposisi keberhasilan dalam hidup kita (75% Berusaha untuk meraihnya + 25% Berdoa dengan Bersungguh-sungguh = 100 % Hasilnya kesuksesan).

86. Kita tidak dapat membangun masa depan bagi generasi muda kita, tetapi kita dapat membangun generasi muda kita untuk masa depan.

87. Semakin lama kejujuran total tertunda, semakin banyak juga tumpukan beban pikiran, rasa bersalah, serta ketakutan yang menghalangi kita.

88. Kesuksesan adalah kemampuan untuk berpindah dari suatu kegagalan ke kegagalan lain tanpa kehilangan antusiasme.

89. Rahasia untuk berjaya ialah menghormati orang lain.

90. Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras dan mau belajar dari kegagalan.

91. Kebahagiaan itu kita yang atur, bukan orang lain. Seperti juga rasa galau, kamu sendiri yang menentukannya.

92. Anda tidak akan pernah mencapai kesuksesan sejati kecuali Anda menyukai apa yang anda kerjakan.

93. Orang yang mengetahui dirinya telah berdusta, dia tidak akan percaya kepada orang yang jujur.

94. Jangan terus tangisi dia yang telah pergi. Tersenyumlah karena dia telah beri kesempatan untuk bertemu seseorang yang lebih baik.

95. Budayakanlah rasa malu bila keberadaan kita tak memberi arti kepada orang-orang di sekitar kita.

96. Lebih baik mencoba memperbaiki keadaan daripada mencela keadaan yang ada.

97. Kadang kamu memilih tuk melepaskan seseorang, bukan karena berhenti mencintainya, tapi karena kamu menyadari dia tak peduli padamu.

98. Jika Anda tak mampu menjadi yang terbaik, jadilah yang berbeda.

99. Pengalaman adalah guru yang keras karena dia memberi kita tes yang pertama, lalu pelajaran setelahnya.

Koleksi maupun Kumpulan Kata Kata Bijak terbaru diatas adalah kumpulan kata motivasi yang semoga bisa menginspirasi kita agar menjadi insan yang lebih bijak untuk menjalani kehidupan ini. Dan kumpulan kata kata mutiara tersebut  didapatkan dari berbagai referensi yang menyajikan rangkuman kata motivasi kehidupan. Itulah beberapa kata bijak yang bisa kami sampaikan. Resapilah dan jalanilah sepenuh hati.


Mau Dapat Uang Saat Internetan, Tanpa Modal Dan Bukan Tipu-Tipu : Klik Disini



Like dan share ya agar bermanfaat buat banyak orang.Untuk kritik dan saran silahkan berkomentar di kotak komentar dibawah post ini.



Artikel Menarik : Peternakan Kelinci,Budidaya Kelinci!