Cara Membuat Artikel ? Cara membuat Artikel Ilmiah !

A.Penjelasan Tentang Artikel Ilmiah

Sebuah artikel disebut ilmiahbila artikel tersebut ditulis dengan format akademi dan menyajikan tulisan hasil penelitian laboratorium atau lapangan, penciptaan alat, kajian sistem, studi pustaka, studi kasus, atau pembahasan masalah yang sedang timbul. Artikel ini memuat pembahasan objektifdengan menyertakan teori, rumus, metode, prosedur, data dan hasil penelitian yang digunakan sebagai dasar untuk menentukan pandangan,solusi, dan kesimpulan dari penulis.

Informasi yang disajikan dalam bentuk ilmiah akan mengungkap secara lebih rinci hal hal yang terkait dengan persoalan atau pembuktian terhadap hipotesa atau dugaan tentang sesuatu. Dalam artikel ilmiah,sebelum penulis mengungkap pemikiran dan analisisnya, maka ia perlu mengungkapkan konsep, teori, pengalaman empiris, atau hal hal dijadikan dasar pembentukan pola berpikirnya.

Secara umum,artikel ilmiah dapat ditemukan diberbagai jurnal, baik dilingkup perguruan tinggi, nasional, internasional atau dalam situs situs ilmiah dilingkungan internet. Selain itu, artikel ilmiah dapat ditemukan dibuku buku prosiding yang memuat artikel ilmiah yang disajikan dalam satu seminar.


pembuatan karya ilmiah
Cara Membuat Artikel ? Cara membuat Artikel Ilmiah !

B.Struktur Penulisan Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah digunakan untuk menyajikan suatu pemikiran atau pemecahan masalah secara komprehensif, maka artikel ilmiah memiliki struktur penulisan paling lengkap dibandingkan dengan model tulisan lain karena tulisan ilmiah tidak hanya sekedar permasalahan dan opini dari penulisnya.


Struktur Penulisan Artikel

  • Judul yang menggambarkan persoalan dan metode pemecahannya. Judul artikel ilmiah dapat lebih dari 8 kata, misalnya " Penerapan Metode Pohon Keputusan Untuk Menemukan Faktor Yang Paling Berpengaruh Dalam Pembuatan Keputusan Kenaikan Gaji ".
  • Intisari atau abstrak berisikan ringkasan dari tulisan secara keseluruhan, agar pembaca dapat memperoleh gambaran umum tentang isi tulisan sebelum membacanya.
  • Kata kunci digunakan untuk merunut atau mencari kembali artikel yang disimpan dalam ruang arsip atau direktori komputer.
  • Latar belakang atau pendahuluan digunakan untuk memberikan gambaran tentang ruang lingkup permasalahan dan alasan yang mendasari dipilihnya permasalahan tersebut untuk di bahas.
  • Rumusan dan batasan masalah menggambarkan permasalahan yang menjadi fokus pembahasan, serta batasan batasan tang dilakukan oleh penulis, agar permasalahan tidak meluas tak terbatas.
  • Tinjauan pustaka dan landasan teori menunjukkan posisi dan dasar pembahasan. Dimana tinjauan pustaka menggambarkan pemecahan masalah yang sejenis yang pernah dilakukan oleh penulis lain, atau sama metode tetapi berbeda kasus, atau pembahasan yang benar benar baru. Sedangkan pakar, rumus, algoritma atau prosedur yang dijadikan dasar untuk menganalisis data dan persoalan, serta perumusan kesimpulan.
  • Hipotesa biasanya dirumuskan untuk penelitian sosial. Dimana setelah penulis merumuskan masalah dan mengumpulkan dasar teori, penulis dapat merumuskan dugaan akan hasil akhirnya. Dugaan itu diteliti untuk dibuktikan kebenarannya.
  • Metodologi penelitian akan diungkap cara cara yang dilakukan oleh penulis dalam memperoleh dan menganalisa data.
  • Data dapat terdiri dari data premier yang diperoleh dari hasil kuesioner atau pengamatan lapangan, atau data sekunder yang diperoleh dari sumber sumber pustaka atau basis data lain yang terkait.
  • Analisis data dan pembahasan merupakan bagian yang penting dari sebuah artikel. Kekuatan artikel justru terletak pada ketajaman penulis dalam menganalisis dan membahas data data yang telah diperolehnya, baik melalui kuesioner, pengamatan atau percobaan.
  • Simpulan berisi penegasan terhadap hasil pembahasan masalah yang telah dilakukannya. Sejauh mana persoalan yang menjadi fokus pembahasan itu dapat dipecahkan. Selain itu, simpulan juga dapat menyajikan pokok pokok gagasan yang penting untuk diperhatikan pembaca.

  • Ucapan terima kasih tidak harus ada. Pada  bagian ini, penulis dapat memberikan ucapan terima kasih kepada pihak pihak yang telah membantu baik dalam penyediaan data, maupun keperluan lainnya.


  • Daftar pustaka berisi data data tentang pustaka pustaka yang dikutip oleh penulis dan dijadikan dasar teori untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi penulis.Pustaka hanya digunakan sebagai ide semata tidak perlu ditulis dalam daftar ini.

Cara Membuat Artikel ? Cara membuat Artikel Ilmiah !
http://olxia.blogspot.com/2014/09/cara-membuat-artikel-cara-membuat.html

C. Tehnik Penulisan Artikel

Artikel ilmiah disajikan dengan bahasa baku sesuai dengan standar EYD, tetapi artikel tidak ditulis dengan gaya sastra. Artikel tidak mementingkan keindahan kata dan kalimat,tetapi lebih menitik beratkan kepada analisis kejadian, fakta atau data yang ada.

Istilah istilah asing dan kutipan kutipan dalam artikel ilmiah diperbolehkan, bahkan diharuskan, agar sewaktu waktu diperlukan, maka penulis dapat merunut kembali untuk mencari padan kata atau makna yang paling mendekati. Kutipan kutipan yang diperoleh dari berbagai sumber harus disertai keterangan dari pustaka mana kutipan itu berasal.

Artikel ilmiah dapat dilengkapi dengan foto, gambar, ilustrasi, tabel, atau grafik untuk memperjelas dan memudahkan pembaca dalam mengembangkan persepsinya.




Artikel Menarik : Bedah Buku? Cara Bedah Buku !