Bahan Alami Untuk Obat Batuk Berdahak

Bahan Alami Untuk Obat Batuk Berdahak - Batuk berdahak tentu saja sangat mengganggu aktifitas keseharian Anda yang padat dan memiliki mobilitas yang tinggi.

Batuk berdahak disebabkan oleh terjadinya tetesan di belakang hidung. Produksi dahak secara berlebihan bisa terjadi pada beberapa alergi dan sinusitis (lapisan mukus yang meradang di dalam sinus). Mukus yang menetes dari belakang hidung ke tenggorokan akan mengakibatkan iritasi dan biasanya bisa mendatangkan batuk. Lalu, bagaimana cara mengobati batuk berdahak?

Arti Dari Warna Lendir Atau Dahak

Warna lendir selain warna putih atau bening umumnya mengindikasikan adanya infeksi atau masalah lainnya. Konsultasikan dengan dokter atau praktisi kesehatan untuk mengobati batuk berdahak tersebut.

  • Kuning. Tanda terjadinya infeksi saluran pernapasan atau infeksi bakteri, infeksi sinus, pilek, flu, alergi atau bronkitis.
  • Hijau. Kemungkinan tanda dari pneumonia.
  • Cokelat. Kemungkinan akibat menghirup debu atau asap atau merupakan tanda infeksi dan darah.
  • Abu-abu. Tanda seringnya menghirup polusi udara.
  • Merah/pink merupakan tanda adanya campuran darah


bahan alami untuk obat batuk berdahak
bahan alami untuk obat batuk berdahak

Berikut obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak:

1. Jahe
Jahe mengandung zat anti-bakteri yang baik. Jahe juga bisa menghangatkan tubuh dan mengobati batuk berdahak. Anda yang sedang mengalami batuk berdahak sangat dianjurkan untuk meminum sari Jahe hangat minimal sehari sekali.
Ambil ½ ruas jahe dan tumbuk hingga halus. Tambahkan 2 gelas air bersih lalu rebus sampai ½ jam. Minum rebusan 2 – 3 kali sehari.

Cara pembuatannya pun sangat mudah yakni dengan mengiris Jahe dan Kencur, kemudian direbus dan diambil air perasannya. Air perasannya itulah yang diminum.

2. Jeruk nipis
Jeruk Nipis yang dicampurkan dengan kecap mujarab untuk mengobati batuk berdahak. Kalau Anda tidak suka kecap, bisa mencampurkan jeruk nipis dengan madu.
Jeruk nipis bisa digunakan untuk obat influenza, perut mules, mual, batuk. Jeruk nipis mengandung komponen kimia yaitu minyak atsiri 7% yang mengandung terpena, terpenoid hesperidin tangeritin, naringin, eriocitrin, eriocitrocide.
Minumlah air perasan jeruk nipis dengan kecap atau madu sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

3. Daun Sirih
Daun Sirih juga bisa dijadikan obat untuk batuk berdahak. Caranya dengan merebus daun sirih secukupnya dan campurkan juga potongan jahe. Kemudian air rebusannya diminum sebanyak minimal sekali dalam sehari supaya tubuh tetap hangat dan sehat.

4.Kapulaga
Seduh 5 g serbuk buah adas dengan secangkir air mendidih. Setelah dingin disaring, tambahkan 1 sendok teh madu. Aduk merata, minum sekaligus. Diminum 2X sehari sampai sembuh.

5.Lidah Buaya
Ambil 1 batang daun lidah buaya, dihilangkan durinya. Cuci bersih dan diparut, diperas lalu diaduk dengan 6 sendok makan madu. Minum beberapa kali

6.Rimpang kencur (Kaempferia galanga L.)
rimpang kencur dicuci, dikupas kemudian dikunyah, itu merupakan cara paling simpel yang sudah bisa jadi obat batuk. Hal ini karena kencur berkhasiat sebagai antiinflamasi dan mengendalikan rasa sakit, antihipertensi, obat influenza. Herbal ini berkhasiat karena 2,4-3,9 % minyak atsiri yang mengandung 25-30 % etilsinamat dan metil-p-metoksi-sinamat, asam trans-sinamat.

Ramuan Untuk Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

Ramuan 1

  • Campurkan dua sendok makan madu dengan jus anggur dalam takaran yang sama. Konsumsi tiga kali sehari selama lima hari. Jus anggur berfungsi sebagai ekspektoran untuk menghilangkan dahak.
  • Potong lemon menjadi dua bagian. Taburkan potongan lemon dengan garam dan lada hitam. Hisap lemon ini agar lendir mengering dan mengurangi batuk.
  • Rebus segenggam daun mint dengan daun eucalyptus bersama dalam panci berisi air. Setelah air dalam panci mendidih, keluarkan panasnya, sambil menutup kepala dengan handuk hiruplah uap dari air tersebut. Uap ini akan membuka sinus dan mengeringkan lendir.



Ramuan 2 

  • Air jahe 2 sendok makan
  • Air kunyit 2 sendok makan
  • Perasan air satu buah jeruk nipis
  • Madu asli satu 1 sendok makan

 Metode:
  •  Parut jahe dan kunyit lalu campurkan dengan sedikit air dan saring untuk menghasilkan air jahe atau kunyit
  • Peras 1 buah jeruk nipis dan saring ke dalam gelas, lalu campurkan 2 sendok makan air jahe dan kunyit, serta 1 sendok madu asli.
  • Ramuan ini dapat dikonsumsi 3 kali sehari sampai sembuh




Makanan Untuk Menghilangkan Lendir Batuk ( Dahak )

Selain mengobati batuk berdahak dengan obat resep doketr, buah-buahan tertentu seperti nenas, jeruk, anggur dan lemon telah terbukti memiliki efek yang terbukti bisa mengurangi lendir. Sayur-sayuran yang bisa menghilangkan lendir juga terdapat pada asparagus, bawang, kembang kol, seledri dan bawang putih.

Hindari makanan dingin ketika sedang menderita batuk berdahak, melainkan konsumsi makanan dan minuman yang menghangatkan untuk membantu membuka saluran pernapasan sehingga lendir mudah untuk dikeluarkan. Teh herbal dan makanan pedas juga membantu.





Artikel Menarik : Bahan Alami Untuk Obat Batuk Kering






0 comments:

Post a Comment